OPEC Sepakat Mengurangi Pasokan Minyak

247

(Vibiznews – Commodity) OPEC dan sekutunya telah sepakat bahwa analisis teknis dari pasar energi menunjukkan kebutuhan untuk mengurangi pasokan minyak dari 1 juta barel per hari (bpd) dari tingkat Oktober, Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih mengatakan Senin (12/11) saat berbicara di KTT minyak ADIPEC di Abu Dhabi.

Komentarnya menyusul pertemuan antara beberapa eksportir top dunia pada pertemuan Komite Pemantau Tingkat Menteri (JMMC) pada hari Minggu, yang menunjukkan dua produsen minyak terbesar dunia bertentangan dengan apa yang seharusnya dilakukan oleh OPEC dan non-OPEC.

Arab Saudi mengatakan tidak lama setelah pertemuan JMMC bahwa meskipun tidak akan bereaksi berlebihan terhadap penurunan harga minyak, akan siap untuk mengurangi produksi minyak mentah dalam waktu dekat jika diperlukan. Hal ini tampaknya merupakan perubahan mendadak dari pertemuan September OPEC, ketika beberapa produsen minyak terkemuka di dunia berbicara tentang memompa minyak ekstra ke pasar untuk membantu menenangkan kekhawatiran kejutan pasokan yang meningkat.

Sementara itu, Rusia telah mendesak OPEC dan mitranya untuk melanjutkan dengan hati-hati, dengan mengatakan kelompok itu harus berhati-hati untuk tidak membuat keputusan kebijakan “terburu-buru”.

Pertemuan OPEC penuh berikutnya, ketika keputusan kebijakan akan dipilih, dijadwalkan akan berlangsung di Wina, Austria pada 6 Desember.

“Konsensus adalah kita akan melakukan apa pun yang diperlukan untuk menyeimbangkan pasar. Jika itu berarti memangkas persediaan sebesar satu juta (bpd), kami akan melakukannya,” kata al-Falih Arab Saudi, Senin, seperti yang dilansir CNBC.

Sekitar dua lusin negara pengekspor mulai membatasi produksi mereka pada tahun 2017 dalam upaya untuk menguras kelebihan minyak mentah global. Kelompok ini setuju pada bulan Juni untuk memulihkan sebagian dari produksi tersebut, dan produsen dengan kapasitas cadangan telah memompa lebih banyak minyak sejak saat itu.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here