Inflasi Oktober AS Meningkat Sesuai Perkiraan

255

(Vibiznews – Economy & Business) Tingkat inflasi tahunan di AS meningkat menjadi 2,5 persen pada Oktober 2018 dari 2,3 persen pada September, sesuai ekspektasi pasar.

Dalam skala bulanan, harga konsumen meningkat 0,3 persen, lebih tinggi dari 0,1 persen pada bulan September dan sesuai dengan perkiraan. Ini adalah kenaikan bulanan tertinggi dalam sembilan bulan, terutama karena harga bensin yang lebih tinggi.

Tahun ke tahun, indeks untuk semua item dikurangi makanan dan energi naik 2,1 persen selama 12 bulan yang berakhir Oktober. Indeks energi meningkat 8,9 persen, sementara indeks makanan naik lebih sederhana, naik 1,2 persen selama 12 bulan terakhir.

Setiap bulan, peningkatan indeks bensin bertanggung jawab atas lebih dari sepertiga peningkatan yang disesuaikan secara musiman pada semua indeks barang; kemajuan dalam indeks untuk tempat tinggal, mobil bekas dan truk, dan listrik juga berkontribusi. Kenaikan indeks bensin dan listrik menyebabkan kenaikan 2,4 persen dalam indeks energi. Indeks makanan, sebaliknya, sedikit menurun di bulan Oktober.

Indeks untuk semua item dikurangi makanan dan energi naik 0,2 persen pada Oktober menyusul kenaikan 0,1 persen pada bulan September. Bersamaan dengan indeks untuk tempat berlindung dan untuk mobil dan truk bekas, indeks untuk perawatan medis, perabotan dan operasi rumah tangga, asuransi kendaraan bermotor, dan tembakau semuanya meningkat pada bulan Oktober. Indeks untuk komunikasi, kendaraan baru, dan rekreasi semuanya menurun.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here