GPN Permudah Pengguna Jasa Transportasi ?

169

(Vibiznews – Banking & Insurance) – Pemerintah berharap dengan penerapan gerbang pembayaran nasional (GPN) dapat mempermudah masyarakat untuk bertransaksi, termasuk transaksi dalam sistim transportasi. Dengan adanya GPN maka para penggguna jasa transportasi tak perlu memiliki beragam kartu pembayaran elektronik yang diterbitkan oleh bank atau penyedia jasa transportasi, demikian penjelasan Sugihardjo, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan, pada hari  ini, Senin (3/12).

Perlu diketahui bahwa Bank Indonesia dan Kementerian Perhubungan telah melakukan penandatangan kesepakatan bersama pada bulan September 2017, guna menyepakati pengembangan integrasi sistem pembayaran elektronik bidang transportasi. Melalui integrasi tersebut, masyarakat dapat menggunakan uang elektronik dari berbagai penerbit pada berbagai jenis transportasi.

Oleh karena itu,  ada tiga hal integrasi yang perlu dilaksanakan yaitu penggunaan uang elektronik sebagai instrumen pembayaran transportasi publik, menggantikan tiket. Kedua, standarisasi instrumen uang elektronik yang selaras dengan kebijakan GPN. Ketiga, keberlangsungan model bisnis serta menghargai model bisnis serta menghargai investasi yang telah ada dengan mengadopsi skema harga (pricing) sesuai best practices.

 

Belinda Kosasih/Coordinating Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting

Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here