Emas Dunia Selasa Terus Menanjak oleh Merosotnya Dollar, Emas Antam Naik ke Rp647.500 per gram

176

(Vibiznews – Commodity) – Harga emas dunia terpantau terus menanjak pada perdagangan Selasa siang (4/12) WIB, sempat menembus level lebih dari tiga minggu tertinggi di sesi sebelumnya, karena dolar yang tersandung setelah Amerika Serikat dan China menyetujui gencatan senjata sementara dalam konflik perdagangan mereka.

Spot emas terpantau naik 0,2 persen ke level $1,235.20 per ounce pada Selasa siang WIB. Harga emas sempat menyentuh posisi puncak $1,234.87 kemarin Senin, level tertinggi sejak 7 November. Emas berjangka AS turun 0,1 persen pada $ 1,238.2 per ounce.

Indeks dollar, yang mengukur dollar terhadap keranjang enam mata uang saingan utamanya, siang hari WIB ini turun ke level 96,73, dibandingkan level penutupan sesi sebelumnya di 96,89.

Amerika Serikat mengharapkan tindakan yang segera oleh China pada masalah perdagangan setelah kesepakatan dicapai oleh para pemimpin negara itu, termasuk penurunan tarif pada mobil dan upaya-upaya terhadap pencurian kekayaan intelektual dan transfer teknologi, demikian pejabat Gedung Putih mengatakan pada hari Senin, seperti dirilis Reuters (4/12).

Pejabat Federal Reserve AS mengatakan bahwa kondisi ekonomi AS yang kuat kemungkinan akan membuat tetap berjalan utuh rencana kenaikan suku bunga mereka, tetapi pada Senin nampaknya sinyal yang utama mulai goyah, yang dapat mengintensifkan perdebatan apakah kondisi ekonomi masih sekokoh seperti yang terlihat.

Prospek ekonomi global tampak suram mendekati akhir tahun setelah aktivitas pabrik dan pesanan ekspor AS dirilis melemah pada bulan November, mendorong analis berprediksi bahwa tidak akan ada rebound yang cepat di tengah ketegangan konflik perdagangan global yang berlanjut.

Sementara itu, analis Vibiznews melihat bahwa spot emas dunia sudah menembus naik range konsolidasi di sekitar 5 minggu terkuatnya, sedangkan dollar tampak rentan koreksi oleh berkurangnya permintaan mata uang ini sebagai safe haven. Harga emas, kalau terdongkrak ke atas akan menuju ke level resistant $1.236,94 dan level $1.243,01. Sedangkan, bila tertekan, akan menuju level support di $1.211,11 dan $1.196,17.

Di dalam negeri, harga emas ANTAM terpantau naik Rp1.500 ke level harga Rp647.500 per gramnya, dibandingkan harga pada Senin kemarin di Rp646.000.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here