Harga Emas Naik Karena Naiknya Harga MInyak & Melemahnya USD

220

(Vibiznews-Commodity) Harga emas memulai minggu yang baru dengan kenaikan, didorong oleh berita-berita pada akhir minggu lalu mengenai gencatan senjata 90 hari di dalam perang dagang Amerika Serikat dengan Cina. Kedua negara setuju untuk tidak memberikan tarif baru selama 90 hari dan menunjukkan bahwa mereka akan memulai pembicaraan mengenai perubahan structural atas sejumlah persoalan. Dengan pelemahan dolar AS, emas telah naik ke $1,230 per troy ons dengan dimulainya minggu yang baru. Metal berharga mulai bergerak naik sejak pemulaan perdagangan sesi Asia Pacific.

Emas mempertahankan keuntungannya yang solid, tetapi pasar hanya sedikit bereaksi terhadap data manufaktur yang lebih kuat daripada yang diperkirakan.

ISM hari Senin mengatakan bahwa indeks manufaktur meningkat ke angka 59.3% di bulan November, naik dari angka bulan Oktober sebesar 57.7% dan mengatasi perkiraan. Konsensus memperkirakan angka sebesar 57.5%.

Katherine Judge, ekonom senior di CIBC World Markets mengatakan,”aktifitas manufaktur bertambah cepat di bulan November, membalikkan penurunan dalam yang terjadi pada bulan sebelumnya. Kenaikan disebabkan oleh perbaikan yang luas.”

Sementara indikator sentimen umum berkembang dengan kecepatan yang lebih cepat daripada yang diperkirakan, inflasi tetap tenang dengan harga ISM manufaktur turun ke angka 60.7%, turun dari 71.6%. Para ekonom memperkirakan sedikit penurunan menjadi 70.1%.

Walaupun data ekonomi berpengaruh sedikit terhadap harga emas, pasar diuntungkan dengan momentum melemahnya dolar AS. Emas berjangka bulan Februari terakhir diperdagangkan pada $1,236.90 per ons, naik hampir 1% dalam sehari.

Harga emas berada pada ketinggian selama tiga minggu. Naiknya harga-harga komoditi yang dipimpin oleh pemulihan yang kuat dalam harga minyak mentah ditambah dengan melemahnya indeks dolar AS pada hari Senin kemarin menjadi penyebab kenaikan dipasar metal berharga.

“Resistance” awal emas berada pada $1,236 yang apabila berhasil ditembus akan menuju ke $1,243 dan $1,248. Sebaliknya arah turun akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,220 yang diikuti berikutnya oleh $1,211 dan terakhir level psikologis $1,200.

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here