Menteri Perdagangan AS Yakinkan Ekonomi AS Sangat Kuat

320

(Vibiznews – Economy & Business) Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross mengatakan pada Selasa, bahwa ekonomi AS sangat kuat dan menyalahkan pers karena memicu kekhawatiran tentang perlambatan.

“Pertama-tama ekonomi itu sendiri benar-benar kuat,” kata Ross dalam wawancara dengan CNBC. “Anda telah melihat angka pengangguran; Anda telah melihat klaim baru; Anda telah melihat produksi industri; Anda telah melihat kepercayaan eksekutif; Anda telah melihat kepercayaan konsumen. Itu semua sangat, sangat tinggi.”

“Ini pers yang tampaknya lebih terobsesi dengan apa yang mungkin ada di masa depan,” tambahnya. Ross mengatakan pers harus menilai pemerintah Trump dengan apa yang dilakukannya “bukan apa yang mereka pikir”

Perusahaan-perusahaan besar Wall Street, termasuk Goldman Sachs dan J.P. Morgan, melihat pertumbuhan AS melambat menjadi di bawah 2 persen pada paruh kedua tahun 2019. Para ekonom telah menyebutkan sejumlah kekhawatiran, termasuk kenaikan suku bunga Federal Reserve dan dampak tarif.

Setelah kenaikan terbaru, pada bulan September, the Fed memproyeksikan tiga kenaikan tarif untuk tahun depan. Namun dalam pidato pekan lalu, Ketua Fed Jerome Powell mengatakan suku bunga “hanya di bawah” netral, mungkin mendakwa bahwa kekhawatiran tentang jalur suku bunga yang lebih agresif dan lebih tinggi mungkin tidak lagi dibenarkan.

Penampilan Ross di CNBC datang setelah Presiden Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping setuju pada akhir pekan untuk sebuah gencatan perdagangan, di mana kedua pihak menahan selama 90 hari setiap tarif baru atas barang masing-masing sementara pembicaraan untuk menyelesaikan perselisihan mereka berlanjut.

Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer akan memimpin negosiasi yang berupaya menjadikan Beijing untuk mengubah apa yang dilihat Trump sebagai praktik perdagangan tidak adilnya seperti hambatan ke pasar China dan transfer teknologi melalui usaha patungan paksa untuk melakukan bisnis di sana. Ross dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin juga akan terlibat dalam pembicaraan.

Dalam wawancara CNBC Selasa, Ross mengatakan Trump mendapat jaminan “sangat bagus” dari Xi tentang perdagangan.

Ross menambahkan selama periode 90-hari pemerintah Trump berharap untuk “menjabarkan” rincian dengan China untuk sebuah kesepakatan.

Pada hari Senin, Mnuchin di CNBC Senin menyatakan optimisme bahwa kerangka Trump-Xi dapat diubah menjadi “kesepakatan nyata.” Dia mengatakan AS menerima komitmen untuk konsesi pada beberapa masalah utama. “Ini bukan hanya tentang membeli barang. Ini tentang membuka pasar ke perusahaan AS dan melindungi teknologi AS. Itu adalah masalah struktural yang sangat penting bagi presiden.”

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here