Pertumbuhan Sektor Jasa November Jerman Terendah 4 Tahun

251

(Vibiznews – Economy & Business) Aktivitas di sektor jasa Jerman mereda pada bulan November karena meningkatnya tekanan biaya dan memudarnya optimisme bisnis, memperlambat pertumbuhan di sektor swasta ekonomi terbesar Eropa ini ke level terendah empat tahun, sebuah survei menunjukkan pada hari Rabu.

Indeks Pembelian Manajer Akhir (PMI) komposit IHS Markit, yang melacak sektor manufaktur dan jasa yang mencakup lebih dari dua pertiga ekonomi, turun menjadi 52,3 dari 53,4 bulan sebelumnya.

Namun pembacaan masih di atas garis 50 yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi, dan datang sedikit lebih baik dari perkiraan awal yang dipublikasikan bulan lalu.

Ekonomi diperkirakan akan mencatat pertumbuhan moderat pada kuartal keempat setelah kontraksi di ketiga, tetapi penurunan angka PMI pada bulan November menimbulkan keraguan atas kekuatan rebound, kata ekonom IHS Markit Phil Smith.

Di sektor jasa, pertumbuhan aktivitas bisnis melambat menjadi 53,3 pada bulan November dari 54,7 bulan sebelumnya, dengan bisnis baru dari luar negeri jatuh untuk bulan kelima berturut-turut dan optimisme bisnis tergelincir ke level terendah dalam dua tahun.

Perusahaan jasa melaporkan kenaikan harga input paling curam selama lebih dari tujuh setengah tahun pada bulan November, mencerminkan biaya yang lebih tinggi untuk transportasi, tenaga kerja dan energi, kata Markit.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here