Stoxx 600 Eropa Tergelincir 0,8 Persen, Hampir Semua Sektor Memerah

225

(Vibiznews – Index) – Bursa saham Eropa bergerak lebih rendah pada Rabu pagi, karena kekhawatiran perdagangan yang meningkat kembali yang memperburuk keyakinan investor tentang pertumbuhan ekonomi global.

Stoxx 600 pan-Eropa tergelincir 0,8 persen selama transaksi di sesi pagi, dengan hampir semua sektor dan bursa utama berada di wilayah negatif.

Saham konstruksi dan material Eropa termasuk yang terburuk, turun lebih dari 2 persen di tengah meningkatnya kekhawatiran akan perang perdagangan. Prancis Saint-Gobain memimpin kerugian sektoral setelah J.P. Morgan memangkas rekomendasi sahamnya menjadi “netral” dari “overweight”. Bursa saham Perancis juga mengalami kemerosotan hampir 3 persen.

Harga saham Hargreaves Lansdown Inggris merosot ke dasar patokan Eropa setelah Morgan Stanley memangkas rekomendasi sahamnya menjadi “underweight” dari “overweight”. Saham perusahaan yang terdaftar di London ini turun 4 persen pada Rabu pagi.

Sementara itu, produsen obat yang terdaftar di AS, Shire adalah salah satu pemain terbaik di indeks FTSE 100 Inggris selama transaksi pagi. Persetujuan pemegang lisensi Takeda Farmasi Jepang yang menyetujui skema pengambilalihan perusahaan sebesar 46 miliar ($ 59 miliar), mendorong saham Shire untuk melompat 2,5 persen.

Fokus pasar sebagian besar selaras dengan perkembangan perdagangan global, di tengah meningkatnya keraguan bahwa dua ekonomi terbesar dunia akan mampu mengamankan kesepakatan perdagangan yang komprehensif selama gencatan tarif.

Volume perdagangan diperkirakan akan relatif rendah pada hari Rabu, karena pasar saham AS ditutup karena hari berkabung nasional untuk Presiden George H. W. Bush.

Kembali di Eropa, investor cenderung memantau secara ketat setiap perkembangan politik lebih lanjut karena anggota parlemen terus memperdebatkan rencana Brexit Westminster.

Perdana Menteri Theresa May menderita serangkaian kekalahan memalukan di Parlemen pada hari Selasa, mendorong sterling jatuh di bawah angka $ 1,27 untuk pertama kalinya sejak akhir Oktober.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here