Bursa Eropa Melemah Terpicu Keraguan Penyelesaian Perang Dagang AS-China

369

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa melemah pada Kamis (06/12), terpengaruh keraguan penyelesaian ketegangan perdagangan AS-China pasca penangkapan kepala keuangan Huawei.

Indeks Stoxx 600 Eropa jatuh lebih dari 2 persen selama transaksi tengah pagi, dengan semua dan sektor bursa utama di wilayah negatif.

Indeks FTSE Inggris melemah 2,12 persen. Indeks DAX Jerman merosot 2,43 persen. Indeks CAC Perancis turun 2,2 persen.

Fokus pasar sebagian besar selaras dengan penangkapan seorang eksekutif puncak di raksasa teknologi China Huawei, di tengah kekhawatiran investor bahwa berita itu dapat menggagalkan kemajuan dalam pembicaraan perdagangan AS-China.

Saham sumber daya dasar Eropa – dengan eksposur mereka yang besar ke China – anjlok lebih dari 3,3 persen selama transaksi tengah pagi. Indeks FTSE 100 Inggris merosot ke level terendah dalam dua tahun Kamis pagi, karena saham pertambangan turun drastis. Antofagasta dan Glencore yang terdaftar di London memimpin kerugian sektoral, turun lebih dari 5 persen.

Sementara itu, saham otomotif – dilihat sebagai indikasi perang perdagangan karena konstituen ekspor-berat sektor ini – juga di antara pemain terburuk, turun hampir 3 persen. Faurecia, Valeo, dan Daimler semuanya turun lebih dari 3 persen.

Saham teknologi juga lebih dari 3 persen lebih rendah Kamis pagi, menyusul penangkapan kepala keuangan Huawei di Vancouver pada hari Rabu. Meng Wanzhou, putri pendiri Huawei, ditangkap oleh pihak berwenang Kanada pada 1 Desember, dilaporkan atas kemungkinan pelanggaran sanksi terhadap Iran. Dia sekarang menghadapi ekstradisi ke Amerika Serikat.

Melihat saham individu, DiaSorin Italia jatuh ke bagian bawah patokan Eropa Kamis pagi, setelah Kepler Cheuvreux memotong rekomendasi sahamnya untuk “menahan” dari “beli.” Saham perusahaan yang terdaftar di Milan turun lebih dari 7 persen di berita.

Penangkapan Wanzhou telah memicu kekhawatiran akan terjadinya tabrakan besar antara AS dan China, pada saat kedua kekuatan ekonomi itu akan memulai negosiasi tiga bulan yang ditujukan untuk menghentikan perang perdagangan global mereka.

AS dan China telah sepakat untuk menunda sementara dengan mengenakan biaya tambahan terhadap barang satu sama lain selama akhir pekan. Gencatan perdagangan Presiden Donald Trump dan Presiden Xi Jinping mendorong saham global melonjak lebih tinggi pada awal minggu perdagangan, tetapi memudarnya optimisme atas kesepakatan politik sejak mengupas kenaikan pasar ekuitas.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Eropa berpotensi tertekan keraguan penyelesaian perang dagang AS-China pasca penangkapan kepala keuangan Huawei.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here