Penangkapan CFO Huawei Picu Keraguan Penyelesaian Perang Dagang AS-China

311

(Vibiznews – Economy & Business) Putri pendiri Huawei, seorang eksekutif puncak di raksasa teknologi China, ditangkap di Kanada dan menghadapi ekstradisi ke Amerika Serikat.

Penangkapan mengejutkan Meng Wanzhou, 46 tahun, yang merupakan kepala keuangan Huawei Technologies Co Ltd, menimbulkan keraguan baru atas gencatan 90-hari pada perdagangan yang terjadi antara Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping pada hari Sabtu.

Meng, salah satu wakil ketua di dewan perusahaan dan putri pendiri perusahaan Ren Zhengfei, ditangkap pada 1 Desember atas permintaan otoritas AS dan sidang pengadilan telah ditetapkan untuk Jumat, kata jurubicara Departemen Kehakiman Kanada.

Penangkapannya, yang diumumkan Rabu malam oleh pihak berwenang Kanada, terkait dengan sanksi AS, orang yang akrab dengan masalah tersebut mengatakan. Reuters tidak dapat menentukan sifat yang tepat dari kemungkinan pelanggaran.

Penangkapan dan setiap sanksi potensial terhadap pembuat smartphone terbesar kedua di dunia dapat memiliki dampak besar pada rantai pasokan teknologi global. Saham pemasok Asia ke Huawei, yang juga menghitung Qualcomm Inc dan Intel di antara pemasok utamanya, jatuh pada Kamis.

Sumber mengatakan kepada Reuters pada bulan April bahwa pihak berwenang AS telah menyelidiki Huawei, pembuat peralatan telekomunikasi terbesar di dunia, setidaknya sejak 2016 karena diduga mengirimkan produk asal AS ke Iran dan negara-negara lain yang melanggar undang-undang ekspor dan sanksi AS.

Huawei mengkonfirmasi penangkapan itu dalam sebuah pernyataan dan mengatakan bahwa itu telah diberikan sedikit informasi tentang tuduhan tersebut, menambahkan bahwa pihaknya “tidak mengetahui adanya kesalahan oleh Meng.” Dia ditahan ketika dia pindah penerbangan di Kanada, tambahnya.

Kedutaan China di Kanada mengatakan dengan tegas menentang penangkapan itu dan menyerukan segera dibebaskannya Peng.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here