Bursa Eropa Akhir Pekan Mendadak Untung Dari Terburuk 2-1/2 Tahun

284

(Vibiznews – Index)- Perdagangan bursa saham Eropa  hari akhir pekan hari Jumat (7/12) bangkit kembali setelah penurunan tajam sehari sebelumnya menyusul penangkapan kepala keuangan dari raksasa teknologi Cina Huawei. Investor menarik beberapa kenyamanan dari dolar perusahaan dan pemulihan Wall Street semalam, dibantu oleh harapan bahwa Federal Reserve AS dapat menghentikan kenaikan suku bunga.

Fokus tetap pada laporan pekerjaan utama AS malam ini yaitu data NFP dan tingkat penganguran bulan November. Investor juga mengawasi pergerakan harga minyak karena para menteri OPEC bertemu untuk hari ketiga di Wina hari ini untuk mencoba menuntaskan kesepakatan tentang pemangkasan output.

Indeks Eropa Stoxx 600 naik 1,3 persen  dalam pembukaan transaksi setelah jatuh 3,1 persen di sesi sebelumnya. Indeks bursa utama lainnya juga cetak untung seperti indeks DAX Jerman bergerak naik 0,8 persen, indeks CAC 40 Prancis naik 1,4 persen dan FTSE 100 Inggris naik 1,5 persen.

Sebagai informasi pasar Eropa jatuh pada hari sebelumnya dengan mencatatkan kerugian satu hari terburuk mereka dalam 2-1/2 tahun di tengah kekhawatiran perlambatan pertumbuhan global, penurunan harga minyak dan skeptisisme tentang potensi perjanjian perdagangan jangka panjang antara AS dan China. Indeks Eropa Stoxx 600 menukik 3,1 persen. Indeks DAX Jerman jatuh 3,5 persen, indeks CAC 40 Prancis anjlok 3,3 persen dan FTSE 100 Inggris turun 3,2 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here