Stoxx 600 Eropa Naik Lebih Dari 1,1 Persen

525

(Vibiznews – Index) – Saham Eropa bergerak lebih tinggi Jumat pagi, karena investor memantau data ekonomi yang akan segera di rilis malam ini setelah bank sentral AS menyampaikan penilaian yang membawa angin segar bagi ekonomi terbesar di dunia tersebut.

Stoxx 600 Eropa-pan naik lebih dari 1,1 persen selama transaksi pagi hari, dengan hampir semua sektor dan bursa utama berada di wilayah positif.

Saham teknologi Eropa memimpin kenaikan tak lama setelah bel pembukaan bursa, naik lebih dari 2 persen karena kekhawatiran meningkatnya ketegangan baru antara dua ekonomi terbesar dunia mendingin. Penangkapan CFO Huawei di Vancouver pada hari Rabu telah mengancam untuk menggagalkan kemajuan dalam pembicaraan perdagangan antara AS dan China. Namun, saham teknologi memangkas beberapa kerugian yang dialami baru-baru ini pada Jumat pagi, saat harga saham Nokia dan Ericsson keduanya diperdagangkan lebih dari 4 persen lebih tinggi.

Harga saham Tesco Inggris melonjak menuju puncak patokan Eropa setelah Exane BNP Paribas menaikkan rekomendasi saham untuk “netral” dari “berkinerja buruk.” Harga saham Tesco yang terdaftar di bursa London naik lebih dari 3 persen.

Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan perekonomian AS berjalan sangat baik, sesaat sebelum rilis data ketenagakerjaan untuk bulan November yang dijadwalkan nanti malam.

Pasar keuangan cenderung memantau rilis data penggajian AS pada Jumat malam nanti, di tengah kekhawatiran ekonomi AS bisa menuju tambalan yang sulit setelah bertahun-tahun mengalami pertumbuhan yang kuat.

Di Asia, indeks MSCI Asia Pasifik, kecuali Jepang, naik 0,4 persen pada hari Jumat.

Kembali di Eropa, Jerman mungkin akan mencari tahu siapa yang kemungkinan akan menggantikan Kanselir Angela Merkel sebagai pimpinan partai politik terbesar dan dominan di negara itu dengan mengadakan pemilihan yang krusial pada hari Jumat.

Pada bulan Oktober, Merkel mengumumkan bahwa dia tidak akan mencalonkan diri untuk jabatan itu dan telah secara efektif mulai mengakhiri karir politiknya.

Di tempat lain, Danske Bank Denmark dijadwalkan untuk mengadakan rapat umum luar biasa untuk memilih ketua dan wakil ketua baru Jumat sore. Berita ini datang setelah pemegang saham terbesar bank menggulingkan kepala dewan Dankse Bank bulan ini menyusul skandal pencucian uang.

Sementara itu, Italia diatur untuk mempublikasikan angka penjualan ritel untuk Oktober sekitar pukul 09:00 pagi waktu London, dengan pembacaan akhir dari data perubahan pekerjaan kuartal ketiga untuk kawasan euro diharapkan akan dirilis pada pukul 10:00 pagi.

Di pasar energi, harga minyak menambah kerugian baru-baru ini pada Jumat pagi karena OPEC menunda keputusan atas pemangkasan output. Kartel yang berpengaruh dan negara-negara penghasil minyak sekutunya akan memperdebatkan pemotongan produksi di Wina, Austria pada hari Jumat.

Selasti Panjaitan/VBN/Coordinating Partner of Wealth Planning Services
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here