Emas Mengalami Tarikan Koreksi Setelah Mencapai Ketinggian selama 5 Bulan.

162

(Vibiznews-Commodity) Harga emas diperdagangkan sedikit lebih rendah pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Senin kemarin karena tarikan koreksi setelah mencapai ketinggian selama lima bulan semalam. Suatu permintaan “safe-haven” telah naik kepermukaan yang mendukung emas belakangan ini dengan trader pasar keuangan dan saham dunia masih sangat tidak tenang. Postur grafik tehnikal untuk emas juga telah menjadi “bullish” belakangan ini.

Emas berjangka bulan Februari terakhir turun $3,70 per ons pada $1,248.60. Perak Comex bulan Maret juga turun $0.091 pada $14.61 per ons.

Kunci diluar pasar juga berada pada postur yang “bearish” bagai metal berharga pada hari itu. Indeks dolar AS naik secara solid. Indeks dolar AS naik secara solid, sementara harga minyak mentah Nymex turun dan diperdagangkan tepat dibawah $52.00.

Kekacauan Brexit dan ketidakpastian mengenai kapan dan bagaimana Inggris akan meninggalkan Uni Eropa membuat pasar keuangan dan saham Eropa tidak tenang. Perdana Menteri Theresa May kemarin dipanggil untuk mengadakan pemungutan suara mengenai rencana Brexitnya, yang oleh kebanyakan orang dianggap akan gagal. Mata uang Euro terbenam dan indeks dolar AS mengalami raly menyusul pengumuman May.

Pasar saham dunia kebanyakan turun kemarin, termasuk indeks saham AS. Prospek pembicaraan perdagangan antara AS dengan Cina yang goyah dan dokumen-dokumen baru yang dirilis akhir minggu lalu secara lebih kuat menunjukkan staf kampanye kepresidenan Trump yang sangat tinggi levelnya bersekongkol dengan Rusia membuat para trader dan investor menjadi tidak tenang untuk memulai perdagangan pad minggu yang baru.

Secara tehnikal, emas memiliki keuntungan tehnis jangka pendek untuk naik. Target kenaikan emas jangka pendek berikutnya adalah ketinggian pada bulan Juli sebesar $1,284.10. Target penurunan harga emas berikutnya adalah mendorong harga dibawah “support” tehnikal di $1,225.00. Resistan yang pertama adalah ketinggian hari kemarin di $1,256.60 dan kemudian $1260.00. Support pertama adalah kerendahan pada hari kemarin di $1,242.60 dan kemudian di $1,235.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here