Emas Menguat Dengan Pembelian “Safe-Haven”

236

(Vibiznews-Commodity) Harga emas naik sedikit pada awal perdagangan sesi AS hari Selasa kemarin. Sebagian permintaan “safe-haven” telah muncul untuk emas pada minggu ini, ditengah kekacauan Brexit dan pengunduran diri yang mengejutkan dari kepala bank sentral India.

Postur tehnikal bagi emas juga beralih ke “bullish” belakangan ini. Sementara itu, harga perak menyentuh ketinggian selama empat minggu semalam. Emas berjangka bulan Februari terakhir diperdagangkan naik $2.60 per ons pada $1,251.90. Perak Comex bulan Maret naik $0.14 pada $14.745.

Kekacauan Brexit dan ketidakpastian mengenai kapan dan bagaimana Inggris akan keluar dari Uni Eropa masih membuat pasar keuangan dan saham Eropa sedikit tidak tenang. Perdana Menteri Theresa May kemarin dipanggil untuk mengadakan pemungutan suara mengenai rencana Brexitnya, yang oleh kebanyakan orang dianggap akan gagal. Mata uang Euro terbenam dan indeks dolar AS mengalami raly menyusul pengumuman May.

Dalam berita semalam, pasar keuangan dan saham India berputar setelah kepala bank sentral tiba-tiba mengundurkan diri. Rupee India jatuh tajam karena berita ini. Ada juga sebagian permintaan “safe-haven” bagi emas yang muncul dari India karena berita ini.

Kunci diluar pasar bersahabat dengan pasar metal berharga pada hari Selasa kemarin. Indeks dolar AS, yang mengukur “greenback” terhadap matauang utama dunia lainnya,  turun karena tarikan koreksi dari keuntungan yang solid yang dibukukan pada hari Senin. Indeks dolar AS diperdagangkan di 97.11, menunjukkan penurunan sebanyak 0.12 persen pada hari itu. Sementara itu harga minyak mentah naik setelah tekanan jual yang terjadi pada hari Senin.

Emas saat ini diperdagangkan disekitar $1,247 dimana “resistance” terdekat berada pada $1,249 dan selanjutnya $1,254 dan $1,258. Sebaliknya arah turun akan berhadapan dengan “support” terdekat di $1,240 dan selanjutnya $1,236 dan $1,231.

Ricky Ferlianto/VBN/Head of III, Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here