Bursa Eropa Bergerak Naik Dipimpin Saham Teknologi dan Perbankan

1377

(Vibiznews – Index) Pasar Saham Eropa bergerak lebih tinggi pada hari Jumat (28/12), mengikuti kenaikan bursa saham AS pada hari Kamis.

Indeks Stoxx 600 Eropa bergerak lebih tinggi sebesar 1,6 persen tak lama setelah tengah hari dengan semua bursa utama dan sektor di wilayah positif. Stoxx 600 tetap lebih rendah untuk minggu ini sekitar setengah persen.

FTSE 100 naik 113 poin, atau 1,7 persen, pada 6.698 tak lama setelah tengah hari Jumat, sementara di daratan Eropa, CAC 40 di Paris dan DAX 30 di Frankfurt juga naik sekitar 1,7 persen.

Saham teknologi dan bank memimpin kenaikan. Di antara yang pertama, AMS, Sitronic Nam, Infineon dan Logitech adalah yang mendapat untung besar sedangkan di sektor perbankan Banco BPM dan Metro Bank menarik pembeli.

Saham sumber daya dasar juga di antara mereka yang memimpin kenaikan setelah kenaikan saham China semalam dan karena kekhawatiran perang perdagangan AS-China mereda. Pertarungan yang sedang berlangsung antara dua ekonomi terbesar di dunia telah mengguncang pasar saham global selama 2018.

Rio Tinto, Evraz, Anglo-American, Glencore, Antofagasta, dan Randgold Resources semuanya naik mengikuti kenaikan harga logam.

Sektor lain menikmati keuntungan besar pada perdagangan Jumat pagi termasuk Konstruksi & Bahan, Bahan Kimia dan Minyak & Gas.

Keuntungan Jumat datang setelah penjualan besar-besaran di wilayah tersebut pada hari Kamis, ketika DAX ditutup turun 2,4 persen. Bursa Jerman berada di wilayah pasar bearish, sekitar 22 persen dari tertinggi 52 minggu terakhir. Ini juga di jalur untuk bulan terburuk sejak Januari 2016 dan tahun terburuk sejak 2008.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi positif terdukung aksi bargain hunting setelah merosot kemarin. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here