Besok Tingkat Kupon SBR005 Akan Diumumkan

902

(Vibiznews – Bonds & Mutual Fund) – Tiga hari lagi masa penawaran Savings Bond Ritel (SBR) dimulai yaitu tanggal 10 Januari-24 Januari 2018 mendatang atau selama 14 hari. Pemerintah kembali menawarkan SBR kepada masyarakat Indonesia dengan seri SBR005 sebagai alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan.

Rencananya, besok Pemerintah akan mengumumkan tingkat kupon untuk instrumen investasi tersebut. Seluruh dana yang diterima melalui penerbitan SBR005 juga akan digunakan untuk membiayai kegiatan-kegiatan pemerintah yang Produktif.

Para bankir memperkirakan bahwa penawaran SBR005 lebih menarik dibandingkan dengan seri sebelumnya SBR004.

Karena tingkat suku bunga acuan sudah dinaikkan oleh Bank Indonesia, prediksi tingkat (floor) kuponnya akan lebih tinggi, berkisar 8,25% – 8,50%.

Apa keuntungan berinvestasi melalui SBR?

Selain berkontribusi untuk negeri, berbagai keuntungan dapat Anda peroleh dari berinvestasi dengan SBR005, yaitu:

  1. Dijamin oleh Negara
  2. Nilai investasi kecil, dimulai dari Rp 1,000,000 saja.
  3. Kupon Mengambang dengan kupon minimal, mengacu pada BI 7 Days Repo Reverse Rate. Kupon SBR005 akan ditetapkan besok tanggal 8 Januari 2019.

Mengambang artinya besaran kupon SBR akan disesuaikan dengan perubahan BI 7 Days Repo Rate setiap 3 bulan sekali.

Kupon Minimal artinya tingkat kupon pertama yang ditetapkan akan menjadi minimal berlaku sampai dengan jatuh tempo.

Kupon SBR 005 diperkirakan 8,05% p.a*)

*) menggunakan asumsi kupon minimal yang berlaku pada SBR seri SBR004, di mana BI 7 Days  Reverse Repo Rate (5,50%) + Spread 255 bps (2,55%)

  1. Terdapat fasilitas Early Redemption

Early Redemption merupakan fasilitas yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok SBR005 oleh Pemerintah sebelum jatuh tempo. Fasilitas ini hanya dapat dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp2 juta di setiap Mitra Distribusi dan jumlah maksimal yang dapat diajukan untuk Early Redemption adalah 50% dari total kepemilikan investor.

Mengingat banyaknya keuntungan yang dapat diperoleh dengan berinvestasi SBR 005 maka rata-rata bank yang menjadi distributor memperkirakan target penjualan SBR005 dapat mencapai Rp 100 – 150 miliar karena banyak masyarakat yang menjadi peminatnya.

 

Belinda Kosasih/ Partner of Banking Business Services/Vibiz Consulting Group

Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here