Bursa Eropa Melonjak Menantikan Hasil Perundingan Perdagangan AS-China

498

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa mencapai level tertinggi tiga minggu pada Selasa (08/01) dengan investor menantikan hasil pembicaraan perdagangan AS dengan China.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 1 persen, dengan hampir setiap sektor di wilayah positif. Saham ritel adalah sektor dengan kinerja terbaik naik 1,5 persen.

Indeks FTSE Inggris naik 0,91 persen. Indeks DAX Jerman menguat 0,85 persen. Indeks CAC Perancis melompat 1,47 persen.

Investor kebanyakan memantau pembicaraan perdagangan hari kedua antara China dan Amerika Serikat. Menteri Perdagangan A.S. Wilbur Ross mengatakan pada hari Senin bahwa kedua negara dapat mencapai kesepakatan perdagangan. Perjanjian perdagangan antara kedua negara dapat mendorong sektor-sektor tertentu lebih tinggi di sesi perdagangan berikutnya, termasuk sumber daya dasar.

Melihat indeks Eropa, WM Morrison turun 3 persen ke antara bagian bawah daftar. Pengecer itu melewatkan perkiraan penjualan Natalnya. Di sisi lain, Carrefour naik 1,4 persen, setelah Bank of America meningkatkan saham. Sektor ini juga mendapat manfaat dari berita bahwa penjualan di Morrison, Tesco dan Asda naik dalam 12 minggu hingga akhir Desember.

Selain itu, Sika turun hampir 3 persen menyusul berita bahwa mereka akan membeli saingan Prancisnya Parex dengan $ 2,55 miliar, menurut Reuters.

Dalam berita korporat lainnya, Ketua Nissan yang terguling, Carlos Ghosn, muncul di depan pengadilan pada hari Selasa untuk membantah tuduhan pelanggaran keuangan.

Pada saat yang sama, investor mempertimbangkan jalur kenaikan suku bunga untuk Federal Reserve tahun ini. Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic mengatakan pada hari Senin bahwa mungkin hanya ada satu kenaikan pada tahun 2019, Reuters melaporkan.

Di Eropa, fokusnya juga pada politik. The Daily Telegraph melaporkan bahwa para pejabat Eropa sedang membahas jalannya tindakan jika Inggris meminta perpanjangan Pasal 50. Parlemen Inggris akan melakukan pemungutan suara minggu depan pada Perjanjian Penarikan, tetapi dukungan untuk kesepakatan tersebut tampaknya tidak hilang.

Sementara itu, Perdana Menteri Irlandia mengatakan bahwa UE dapat memberikan beberapa jaminan tertulis lebih lanjut tentang dukungan Irlandia menjelang pemungutan suara.

Dalam hal data, indeks iklim bisnis zona Eropa turun menjadi 0,82 pada Desember dari 1,04 pada bulan sebelumnya, menunjukkan tanda baru kelemahan ekonomi di wilayah tersebut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak positif dengan optimisme hasil pembicaraan perdagangan AS-China.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here