Sentimen Ekonomi Zona Eropa Memburuk Terendah 1 Tahun

444

(Vibiznews – Economy & Business) Sentimen ekonomi zona Eropa memburuk secara signifikan dan lebih dari yang diperkirakan pada bulan Desember, demikian data Komisi Eropa pada hari Selasa (08/01).

Dalam tanda buruk bagi prospek pertumbuhan blok di kuartal terakhir tahun ini, sentimen ekonomi zona Eropa turun menjadi 107,3 ​​poin pada Desember dari 109,5 pada November, Komisi Eropa mengatakan, menandai penurunan bulanan berturut-turut indikator ke-12 dan level terendah sejak Januari 2017.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan penurunan yang kurang tajam menjadi 108,2, tetapi penurunan optimisme di kalangan manajer industri dan konsumen memperburuk gambaran tersebut.

Sentimen dalam industri turun menjadi 1,1 poin dari 3,4 pada November, terhadap ekspektasi pasar dari pembacaan 2,9 poin.

Suasana konsumen juga turun tajam ke -6,2 poin dari -3,9 pada November, tetapi ini tidak mencegah pembeli membeli lebih banyak barang, karena penjualan ritel terus tumbuh pada November, perkiraan resmi yang dirilis pada hari Senin menunjukkan.

Sebagai konsekuensinya, kepercayaan perdagangan ritel naik 0,5 poin di bulan Desember, meskipun itu tidak bisa mengimbangi suasana umum yang suram.

Sentimen dalam jasa, sektor yang menghasilkan dua pertiga dari PDB zona Eropa, turun 1,4 poin.

Pembacaan sentimen yang lebih buruk dari perkiraan mengkonfirmasi ekspektasi ekonom yang memperkirakan pertumbuhan zona Eropa yang melambat pada kuartal terakhir tahun ini, setelah pertumbuhan PDB turun menjadi 0,2 persen pada kuartal ketiga dari 0,4 persen pada periode April-Juni.

Indikator iklim bisnis terpisah, yang membantu menunjukkan fase siklus bisnis, juga menurun pada Desember menjadi 0,82 dari 1,04 pada November, di bawah ekspektasi penurunan menjadi 0,99.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here