Harga Minyak WTI Amerika Naik ke $50 Pertama Kali Tahun 2019

355

(Vibiznews – Commodity)- Perdagangan minyak mentah di pasar komoditas internasional terus berputar lebih tinggi karena optimisme pasar akan pembicaraan perdagangan damai untuk menyelesaikan krisis antara AS dan Cina. Saat ini perundingan sedang berlangsung di tingkat wakil menteri, yang menambah hari perundingan 1 hari.

Harga minyak acuan internasional yaitu minyak Brent di sesi Eropa perdagangan hari Rabu (09/01) meningkat hingga 2 persen ke harga $59.88 per barel. Demikian juga harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS berada di $50,94 per barel  atau naik 2,25 persen dari penutupan pasar sebelumnya. Posisi harga ini merupakan pertama kalinya tahun ini  mencapai $ 50 per barel.

Harga kedua jenis minyak mentah telah bergerak bullish dalam 5 hari perdagangan sebelumnya bahkan  harga minyak mentah telah naik lebih dari 2 persen. Kenaikan harga minyak WTI ke kisaran $50 perbarel memberikan pijakan kuat untuk terus bergerak kuat.

Posisi tingginya harga minyak juga telah menerima dukungan dari pengurangan pasokan yang dimulai pada akhir 2018 oleh sekelompok produsen di sekitar Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) serta anggota non-OPEC Rusia. Pasar optimis pemotongan OPEC  akan memperketat pasar.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here