Saham-saham Bursa Eropa Laku Keras Masuki Hari Kedua

401

(Vibiznews – Index) – Perdagangan saham di bursa utama kawasan Eropa kembali meningkat oleh pemburuan investor setelah perdagangan sebelumnya untung besar hingga mencapai rekor tinggi 3 minggu dan juga imbas perdagangan saham di Asia yang kuat.

Sentimen positif yang membuat pembelian saham-saham meningkat oleh pantauan  hari ketiga pembicaraan perdagangan yang tidak terduga antara China dan AS. Pasar optimis pertemuan yang diperpanjang tersebut memberikan harapan krisis dagang kedua negara besar tersebut selesai sehingga menyejukkan pertumbuhan ekonomi global.

Para pejabat AS dan China memperpanjang pembicaraan perdagangan mereka yang tadinya 2 hari menjadi tiga hari di tengah beberapa kemajuan di bidang-bidang seperti komoditas energi. Kementerian luar negeri Cina juga melaporkan  bahwa pembicaraan telah berakhir dan hasilnya akan segera dirilis.

Indeks pan-European Stoxx 600 naik 0,6 persen dengan setiap sektor indeksnya bergerak di wilayah positif. Saham-saham sektor Sumber Daya Auto dan Basis menjadi saham dengan kinerja terbaik oleh  harapan perjanjian perdagangan antara Beijing dan Washington.

Melihat pergerakan indeks bursa utama Eropa, indeks DAX Jerman menguat signfikan hingga naik 1,01 persen, indeks CAC 40 Perancis juga melaju 1,14 persen dan indeks FTSE 100  Inggris bergerak signfikan hingga melompat 0,90 persen.

Untuk kinerja beberapa saham lokal, saham AMS, pemasok Apple di Eropa  turun lebih dari 3 persen setelah sebuah laporan menunjukkan bahwa pembuat iPhone telah mengurangi produksi untuk beberapa ponselnya pada kuartal pertama.

Namun di bursa Inggris, saham perakit rumah tangga Inggris juga diperdagangkan lebih tinggi setelah pembaruan perdagangan oleh Taylor Wimpey. Perusahaan mengatakan bahwa mereka melihat penjualan yang solid pada 2019.

Namun investor juga memantau tanda-tanda potensi perlambatan ekonomi di ekonomi dunia. Dimana hari Selasa (08/01) Bank Dunia mengatakan  bahwa pihaknya memperkirakan pertumbuhan global akan melambat menjadi 2,9 persen tahun ini. Sementara itu investor Eropa tetap memperhatikan kondisi politik yang sedang terjadi, dengan Parlemen Inggris diperkirakan akan memilih kesepakatan pemerintah dengan UE pada 15 Januari. Inggris akan meninggalkan Uni Eropa pada 29 Maret.

Sebagai informasi untuk perdagangan sebelumnya, indeks bursa Eropa mencapai posisi tertinggi tiga minggu setelah Presiden AS Donald Trump mentweet bahwa pembicaraan dengan China berjalan sangat baik. Indeks pan-European Stoxx Europe 600 naik 0,9 persen. DAX Jerman naik setengah persen, indeks CAC 40 Prancis menguat 1,2 persen dan FTSE 100 AS naik 0,7 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here