Tingkat Pengangguran Zona Eropa November Turun Terendah 10 Tahun

290

(Vibiznews – Economy & Business) Pengangguran di zona Eropa turun pada November, data menunjukkan pada hari Rabu (09/01),saat pengangguran di Eropa mendekati tingkat sebelum krisis.

Eurostat mengatakan tingkat pengangguran di area mata uang tunggal turun menjadi 7,9 persen pada November, level terendah 10 tahun dan turun dari revisi 8 persen untuk bulan sebelumnya.

Dengan data terbaru, pengangguran mendekati tingkat rata-rata sebelum krisis keuangan 2007-08, ketika itu berada di 7,5 persen.

Pada terburuk dari krisis utang berikutnya pada 2013, pengangguran mencapai rekor 12,1 persen di kawasan Eropa.

Di antara 19 negara mata uang tunggal, tingkat pengangguran terendah pada November tercatat di Jerman sebesar 3,3 persen, menurut Eurostat.

Tingkat tertinggi di Yunani dengan 18,6 persen pada September, angka terbaru yang tersedia. Spanyol berada di 14,7 persen.

Di 28 negara penuh Uni Eropa, tingkat pengangguran berada pada 6,7 ​​persen pada November, stabil dibandingkan dengan sebulan sebelumnya, kata Eurostat.

Ini tetap merupakan angka terendah di seluruh UE sejak pengukuran dimulai pada tahun 2000, dengan Republik Ceko, yang terkait erat dengan ekonomi Jerman, dengan tingkat pengangguran 1,9 persen yang sangat kecil.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here