Klaim Pengangguran AS Minggu Lalu Menurun

695

(Vibiznews – Economy & Business) Jumlah orang Amerika yang mengajukan aplikasi untuk tunjangan pengangguran turun lebih dari yang diperkirakan minggu lalu, menunjuk pada penguatan pasar tenaga kerja yang selanjutnya dapat mengurangi kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi AS.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran AS turun 17.000 ke 216.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir 5 Januari, Departemen Tenaga Kerja mengatakan pada hari Kamis.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan klaim turun menjadi 225.000 dalam minggu terakhir. Departemen Tenaga Kerja mengatakan hanya klaim untuk Puerto Riko yang diperkirakan minggu lalu.

Klaim meningkat dalam pekan yang berakhir 29 Desember karena pekerja cuti karena penutupan sebagian dari pemerintah AS mengajukan tunjangan. Pemerintah federal sebagian ditutup pada 22 Desember ketika Presiden Donald Trump menuntut agar Kongres AS memberinya $ 5,7 miliar tahun ini untuk membantu membangun tembok di perbatasan AS dengan Meksiko.

Penutupan itu, yang telah mempengaruhi seperempat pemerintahan, termasuk Departemen Perdagangan, telah menyebabkan 800.000 karyawan cuti atau bekerja tanpa upah. Kontraktor swasta yang bekerja untuk banyak agen pemerintah juga tidak dibayar.

Klaim oleh pekerja federal dilaporkan secara terpisah dan dengan jeda satu minggu. Jumlah karyawan federal yang mengajukan tunjangan pengangguran meningkat 3.831 menjadi 4.760 dalam pekan yang berakhir 29 Desember. Pekerja pemerintah federal yang dicabut dapat mengajukan klaim untuk tunjangan pengangguran, tetapi pembayaran akan tergantung pada apakah Kongres memutuskan untuk membayar gaji mereka secara surut.

Rata-rata klaim empat minggu yang dianggap sebagai ukuran yang lebih baik dari tren pasar tenaga kerja karena itu menyapu keluar volatilitas minggu-ke-minggu, naik 2.500 menjadi 221.750 minggu lalu.

Pemerintah melaporkan minggu lalu bahwa ekonomi menciptakan 312.000 pekerjaan pada bulan Desember, terbesar dalam 10 bulan. Tingkat pengangguran naik dua persepuluh dari titik persentase menjadi 3,9 persen karena beberapa orang Amerika yang menganggur masuk ke pasar tenaga kerja, yakin akan prospek pekerjaan mereka.

Kekuatan pasar tenaga kerja telah membantu menenangkan kekhawatiran bahwa ekonomi sedang melambat tajam menyusul penurunan tajam dalam kepercayaan konsumen dan aktivitas manufaktur pada bulan Desember, yang mengguncang pasar keuangan. Namun, kondisi pasar keuangan yang lebih ketat dan perlambatan pertumbuhan global, dapat membuat Federal Reserve berhati-hati untuk menaikkan suku bunga tahun ini.

Laporan klaim Kamis juga menunjukkan jumlah orang yang menerima tunjangan setelah minggu pertama bantuan turun 28.000 menjadi 1,72 juta untuk pekan yang berakhir 29 Desember. Rata-rata bergerak empat minggu dari apa yang disebut klaim berkelanjutan meningkat 15.250 menjadi 1,72 juta.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here