Inflasi Tahunan Amerika Terendah 1-1/2 Tahun Karena Bensin Murah

402

(Vibiznews – Economy) – Tingkat inflasi tahunan di Amerika Serikat sedang turun menjadi 1,9 persen pada periode Desember 2018 dari 2,2 persen pada periode bulan November, sesuai dengan ekspektasi pasar. Data yang dirilis biro statistik nasional AS beberapa saat lalu, tingkat inflasi itu merupakan terendah sejak Agustus 2017, terutama karena penurunan biaya bensin.

Secara bulanan, tingkat inflasi harga konsumen turun 0,1 persen setelah di bulan sebelumnya berada di posisi flat. Ini adalah penurunan bulanan pertama dalam harga konsumen dalam sembilan bulan, karena penurunan harga bensin 7,5 persen.

Harga-harga yang turun secara tahun ke tahun yaitu harga bensin (-2,1 persen dibandingkan dengan +5 persen pada November); kendaraan baru (-0,3 persen dibandingkan +0,3 persen); komoditas perawatan medis (-0,5 persen dibandingkan +0,6 persen); dan pakaian jadi (-0,1 persen dibandingkan -0,4 persen).

Penurunan harga juga terjadi pada inflasi non makanan seperti  bahan bakar minyak (1,9 persen dibandingkan dengan 16,1 persen pada November); jasa transportasi (2,8 persen dibandingkan dengan 3,3 persen); serta pembelian mobil dan truk bekas (1,4 persen dibandingkan 2,3 persen).

Namun menurut catatan statistik, kenaikan harga terjadi  untuk listrik (1,1 persen dibandingkan dengan 0,6 persen); makanan (1,6 persen dibandingkan dengan 1,4 persen); layanan perawatan medis (2,6 persen dibandingkan dengan 2,4 persen). Juga, biaya rebound untuk layanan gas pipa utilitas (2,3 persen dibandingkan dengan -2,1 persen).

Secara bulanan, indeks bensin turun 7,5 persen di bulan Desember. Penurunan ini lebih dari mengimbangi kenaikan di beberapa indeks termasuk tempat tinggal, makanan, dan komponen energi lainnya. Indeks energi turun 3,5 persen, karena indeks bensin dan minyak bakar menurun, tetapi indeks untuk gas alam dan listrik meningkat. Indeks makanan naik 0,4 persen pada Desember.

Indeks untuk semua item lebih sedikit makanan dan energi meningkat 0,2 persen pada Desember, kenaikan yang sama seperti pada Oktober dan November dan sesuai dengan perkiraan. Seiring dengan indeks untuk tempat tinggal, indeks untuk rekreasi, perawatan medis, dan perabot rumah tangga dan operasi semua meningkat pada bulan Desember, sedangkan indeks untuk tarif penerbangan, mobil dan truk bekas, dan asuransi kendaraan bermotor semua menurun.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here