Preview Consumer Price Index (CPI) AS: Angka Inti dan Umum Stabil

293

(Vibiznews-Forex) Headline Consumer Price Index tetap datar pada bulan November, sebagaimana yang telah diperkirakan dan karena jatuhnya harga minyak. CPI inti bertambah 0.2%, seperti yang telah diperkirakan, dan mendorong angka tahunan kembali ke 2.2%. Kita akan mendapatkan angka untuk bulan December dan dengan demikian untuk satu tahun penuh

Consumer Price Index (CPI) tahunan diperkirakan tetap berada di 2.2% pada bulan Desember dan tingkat bulanan diperkirakan telah turun 0.1% dari datar pada bulan November. Tingkat CPI inti selama 12 bulan yang tidak termasuk makanan dan energi juga diprediksi tetap tidak berubah di 2.2% seperti angka pada bulan November dan tingkat bulanan tidak berubah di 0.2%.

Tingkat inflasi tahunan secara keseluruhan telah jatuh tajam dalam lima bulan yang lalu setelah mencapai 2.9% pada bulan Juni dan Juli tertinggi sejak bulan Februari 2012, dengan harga minyak mentah tumbang. Dari ketinggian $76.80 pada awal Oktober West Texas Intermediate telah jatuh 45% menjadi $42.54 pada tanggal 24 Desember. Kenaikan bulan ke bulan dalam inflasi rata-rata 0.2% dari Juli sampai Oktober. WTI sejak saat itu telah pulih hampir setengah dari kerugiannya ditutup pada $52.43 pada hari Rabu tanggal 9 Januari.

Tingkat inflasi inti telah kurang bervariasi pada tahun ini. Tingkat inflasi inti mencapai 2.4% pada bulan Juli yang merupakan tertinggi sejak bulan Oktober 2008. Tingkat bulanan telah bergerak di dalam rentang yang sempit antara 0.1% dan 0.2% sejak bulan Januari.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here