Emas Dilanda Aksi Jual Ditengah Meningkatnya Minat Terhadap Resiko

327

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak turun dan menuju tren “bearish” secara tehnikal dan ditutup dalam posisi rendah mingguan pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Jumat minggu lalu. Para trader dan investor menunjukkan keengganan yang sangat kecil terhadap resiko di pasar pada saat mengakhiri perdagangan minggu lalu dan hal ini adalah negatif bagi metal “safe-haven”.

Emas berjangka bulan Februari terakhir diperdagangkan turun $10;80 per ons pada $1,281.00. Perak Comex bulan Maret turun $0.096 pada $15.44 per ons.

Pasar saham Asia dan Eropa kebanyakan naik dalam perdagangan semalam. Indeks saham AS mengarah ke posisi yang lebih kuat ketika pembukaan perdagangan sesi New York dimulai. Para trader dan investor berada pada “mood” dagang yang baik pada akhir minggu lalu karena laporan-laporan pada hari Kamis malam yang mengatakan bahwa Amerika Serikat sedang mempertimbangkan menurunkan atau bahkan meniadakan tarif perdagangan dengan Cina sebagai cara agar bangsa Amerika bisa membuat lebih banyak konsesi perdagangan pada perang perdagangan sekarang ini.

Laporan mengatakan bahwa pemikiran ini datang dari Sekretaris Treasury AS Steven Mnuchin. Namun laporan yang lainnya mengatakan bahwa Representatif Perdagangan AS Robert Lighthizer menentang ide tersebut, dan laporan yang lainnya mengatakan bahwa pemerintah Trump tidak sedang mempertimbangkan untuk menurunkan tarif atas barang-barang impor Cina yang masuk ke Amerika Serikat. Minggu depan, pejabat perdagangan AS dan Cina diskedulkan untuk bertemu di Washington. Pasar mengambil berita ini sebagai positip dan memandang Presiden Trump sedang meminta para penasehatnya agar tercapai kesepakatan dengan Cina pada awal bulan Maret.

Secara tehnikal, kenaikan emas secara keseluruhan memiliki keuntungan tehnikal jangka pendek, namun memudar pada hari Jumat minggu lalu. Harga emas masih dalam tren naik dua bulan pada grafik balok harian. Obyektif kenaikan harga emas berikutnya adalah menembus “resistance” yang solid di $1,300.00. Obyektif penurunan harga emas jangka pendek berikutnya adalah “support” tehnikal yang solid di $1.260.00. Resistance pertama berada pada $1,292.20 dan selanjutnya $1,296.60. Support pertama berada pada $1,278.10 dan kemudian $1,275.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here