Aksi Jual Pasar Saham Membatasi Pelemahan Harga Emas

108

(Vibiznews-Commodity) Harga emas diperdagangkan dekat dengan stabil, sementara perak sedikit turun pada awal dari perdagangan sesi Amerika Serikat hari Selasa kemarin. Kedua metal berharga ini turun ke kerendahan selama tiga minggu semalam dengan melenyapnya kenaikan haga secara tehnikal. Namun, ada peningkatan keengganan terhadap resiko di pasar sekarang ini, sebagaimana yang terlihat di dalam aksi jual di pasar saham AS dan dunia lainnya.

Hal ini membatasi minat jual di pasar perak dan emas yang “safe-haven”. Emas berjangka bulan Februari terakhir naik $0.20 per ons pada $1,282.90. Perak Comex bulan Maret turun $0.054 pada $15.435 per ons.

Ada kekuatiran baru mengenai pertumbuhan ekonomi global yang melambat, dengan  International Monetary Fund merilis laporan pada hari Senin yang memproyeksikan pertumbuhan ekonomi dunia secara kolektif pada 3.5% di tahun 2019, yang turun dari perkiraan mereka yang terakhir sebesar 3.7% di bulan Oktober yang lalu. IMF juga memperingati mengenai kenaikan resiko yang lebih tinggi karena penurunan yang lebih cepat di dalam pertumbuhan ekonomi dunia.

Sementara itu, Cina pada hari Senin melaporkan tingkat pertumbuhan ekonominya pada tahun 2018 berada pada 6.6% yang merupakan level terendah selama 29 tahun.

Jerman yang merupakan penyetir ekonomi di Uni Eropa, melaporkan data ekonomi yang lebih suram pada hari kemarin, dengan indeks ekspektasi ekonomi ZEW melemah pada bulan Januari, bersamaan dengan kondisi indeks sekarang ini.

Pemerintah AS masih tutup operasi sebagian dengan tidak adanya kesepakatan antara Demokrat dan Presiden Trump untuk membukanya dalam waktu yang dekat. Hal ini mulai membebani ekonomi AS, termasuk kurangnya berita-berita ekonomi yang baru untuk membantu menyetir banyak pasar.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas berikutnya adalah diatas “resistance” tehnikal yang solid $1,300.00 dengan terlebih dahulu melewati $1,284.30 dan $1,292.20. Sedangkan obyektif dari penurunan harga emas adalah menembus ke bawah “support” $1,260.00 dengan melewati $1,276.00 dan $1,270.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here