Tren Jenis Properti yang Diincar Kaum Milenial; Apa dan Mengapa?

686

(Vibiznews – Property) – Sudah diketahui bahwa untuk tahun 2019 ini demand atau permintaan pasar properti akan didominasi dari kalangan milenial, yang secara segmentasi masuk dalam kelompok menengah ke bawah. Dominasi ini akan semakin besar menguasai pangsa pasar ke depannya. Lalu, seperti apa tren properti tahun ini yang diminati terutama oleh kelompok milenial?

Dalam acara Property Outlook 2019 yang diselenggarakan pada Kamis (24/01) diungkapkan oleh Country General Manager Rumah123.com ada tiga jenis properti yang bakal jadi tren di 2019. Prinsipnya properti-properti tersebut akan mementingkan kualitas bangunan daripada luas bangunan, demikian disampaikan ke media pers (24/01).

Yang pertama adalah “micro house”. GM Rumah123, Ignatius Untung, menyebutkan micro house adalah rumah dengan tanah yang kecil, namun kualitas dan isinya bagus. Jenis rumah ini tanahnya di bawah 70m, 60, 40, tapi secara kualitas mewah.

Kedua, rumah dengan penggunaan dekorasi yang bagus. Unsur penting generasi milenial sekarang adalah dekorasi rumah.

Selanjutnya, yang ketiga, rumah “co-living”. Disebutkan sistemnya sewa kamar sendiri tapi publik area dimanfaatkan secara bersama-sama. Ini semacam kos-kosan, imbuh Untung.

Analis Vibiznews melihat pandangan tren di atas menarik dan relevan. Relevan dalam arti memang demikian preferensi dan gaya hidup milenial. Mereka tidak terlalu butuh ruang dan rumah yang luas, karena aktivitasnya cenderung banyak di luar rumah, hampir sepanjang hari. Tempat tinggal cukup yang efisien, tetapi perlengkapannya diharapkan memadai, salah satunya wifi.

Sekalipun banyak dan panjang aktivitas luar rumahnya, namun sekali masuk rumah atau tempat tinggal, kecenderungan kaum milenial adalah tetap ingin berada di lokasi yang nyaman dan berkelas. Itu tadi, quality over quantity.

Para pengembang sekarang ditantang untuk memasok produk-produk properti yang sejalan dengan preferensi milenial, meskipun kemampuan dana mereka masih terbatas. Bagaimanapun, inilah sumber property demand terbesar dewasa ini, dan akan semakin membesar lagi. Inilah kaum milenial.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here