Pengembang Menyesuaikan Diri dengan Target Milenial; Seperti Apa?

510

(Vibiznews – Property) – Kelompok milenial merupakan pangsa pasar terbesar untuk properti residensial saat ini. Para pengembang ditantang untuk mampu menyediakan pasokan bagi target pasar milenial ini yang sesuai dengan karakteristiknya, di antaranya harga yang relatif terjangkau, fasilitas yang lengkap, serta aksesibilitas ke pusat kota.

PT PP Urban, anak usaha dari PT PP Tbk (PTPP), saat ini tampak serius menggarap produk properti untuk kaum milenial denga harga yang lebih terjangkau. Salah satu proyek yang siap dipasarkan PT PP Urban adalah Urbantown Serpong Tower II, demikian rilis pers yang disampaikan kepada media (28/01).

Ini merupakan proyek tower II. Sebelumnya, proyek tower I yang berada di daerah Serpong, Tangerang Selatan ini sudah terjual lebih dari 400 unit hanya dalam waktu tiga bulan. Disebutkan bahwa harga per unit yang ditawarkan untuk tower II mulai dari Rp 270 juta.

Tahap pembangunan tower I Urbantown Serpong diinformasikan sudah selesai secara struktur dan saat ini dalam tahap finishing, demikian antara lain disampaikan Direktur Realty PT PP Urban, Budi Suanda. Terdapat lebih dari 1.150 unit apartemen terjangkau dipasarkan dengan variasi unit studio dan tipe dua kamar tidur sesuai dengan kebutuhan milenial, tambahnya.

Urban Town Serpong dikembangkan di lahan seluas 1,1 ha. Proyek ini terdiri dari tower A dan tower B dengan total kapasitas 1.700 unit. Saat ini, baru dipasarkan tower A sebanyak 400 unit yang dijual dengan harga Rp 10 juta per meter persegi (m2).

Analis Vibiznews mellihat, berdasarkan data dan info website perusahaan, proyek ini memang memfokuskan kepada pangsa pasar milenial. Ditekankan unit produk yang minimalis tetapi dengan aksesibilitas yang baik ke area perkantoran dan pusat kota karena lokasinya yang cukup strategis. Fasilitasnya juga terbilang lengkap, yakni beragam jenis sport area, area komersial, dan rekreasi. Ditambah lagi adanya fasilitas Urban Bizhub, yang mendorong penghuni apartemen agar bisa berwirausaha dan membangun skill entrepreneurship. Serta satu lagi: harga yang terjangkau.

Terlihat group PP, sebagai BUMN properti besar dan panjang pengalaman, dapat menyediakan produk properti yang sesuai dengan preferensi mayoritas pasar, dalam hal ini kelompok milenial, dengan baik. Tidak heran juga bila PP Urban optimis dapat mencapai nilai penjualan sampai Rp 1,7 triliun di akhir 2018.

Kita pun memahami, pada akhirnya, bisnis yang menangkap pola pergerakan dan preferensi pasar, itulah yang akan memenangkan kompetisi yang semakin ketat.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here