Bursa Eropa Awal Pekan Banyak Yang Menderita Rugi Kecuali London

522

(Vibiznews – Index) – Perdagangan saham sebagian besar bursa Eropa awal pekan pada hari Jumat (04/02)  kurang menarik dan banyak saham yang dijual karena pelaku pasar memantau kesibukan lain dari hasil pendapatan perusahaan.

Indeks Pan-European Stoxx 600 bergerak lebih rendah selama transaksi pagi, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah negatif. Kini indeks DAX Jerman turun 0,10 persen, indeks CAC 40 Perancis alami penurunan  0,26 persen dan indeks FTSE 100 menguat 0,31 persen.

Pelemahan indeks paling banyak ditekan oleh saham sumber daya dasar Eropa yang bisnisnya ke China hingga  turun hampir 0,8 persen. Saham-saham itu seperti ArcelorMittal, Rio Tinto dan BHP Group semuanya diperdagangkan lebih dari 1,5 persen lebih rendah.

Berita koorporasi di bursa Eropa hari ini datang dari  Wirecard Jerman yang merupakan  perusahaan pembayaran mengatakan sebuah firma hukum yang ditunjuknya tidak membuat temuan yang meyakinkan atas kesalahan kriminal oleh karyawannya. Pasca berita ini saham Wirecard melonjak lebih dari 15 persen.

Sementara itu, Irlandia Ryanair  yang merupakan maskapai penerbangan murah terbesar di Eropa melaporkan penurunan tarif 6 persen dalam tiga bulan terakhir tahun 2018 dan memperingatkan kelebihan kapasitas kemungkinan akan terus mendorong harga lebih rendah, meskipun pada tensi yang lebih lambat dari perkiraan. Akibatnya saham perusahaan turun lebih dari 3 persen

Sebagai informasi untuk perdagangan akhir pekan lalu indeks bursa Eropa ditutup lebih tinggi di tengah optimisme AS dan China akan menyepakati kesepakatan perdagangan sebelum batas waktu 1 Maret. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 naik 0,3 persen. DAX Jerman naik tipis 0,1 persen, indeks CAC 40 Prancis naik setengah persen dan FTSE 100 meningkat  0,7 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here