Produksi Industri Jerman Akhir Tahun Masih Negatif

219

(Vibiznews – Economy & Business) Produksi industri Jerman secara tak terduga turun pada bulan Desember untuk bulan keempat berturut-turut, demikian data yang dirilis pada hari Kamis (07/02), memberikan sinyal bahwa pertumbuhan ekonomi Jerman sedang melemah.

Data dari Kantor Statistik Federal menunjukkan produksi industri turun 0,4 persen, di bawah perkiraan Reuters untuk kenaikan 0,7 persen.

Para analis mengatakan penurunan itu membuat ekonomi lebih mungkin berkontraksi pada kuartal keempat, yang akan diterjemahkan ke dalam resesi setelah pertumbuhan produk domestik turun pada kuartal ketiga.

Penurunan Desember dipimpin oleh sektor konstruksi, di mana aktivitas menyusut lebih dari 4 persen, yang tidak bisa diimbangi oleh kenaikan kecil dalam produksi manufaktur, uraian data menunjukkan.

Sektor otomotif, yang telah menjadi penghambat ekonomi karena standar emisi baru yang dimasukkan ke dalam registrasi kendaraan baru yang lebih sedikit, rebound pada bulan Desember karena produksi naik lebih dari 7 persen.

Angka untuk November direvisi naik menjadi 1,3 persen dari penurunan yang dilaporkan sebelumnya sebesar 1,9 persen.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here