Bursa Eropa Awal Pekan Untung Oleh Aksi Bargain Hunting

274

(Vibiznews – Index) – Perdagangan saham Eropa awal pekan  pada hari Senin (11/02)  dibuka menguat  dengan pelaku pasar sedang menunggu hasil putaran baru perundingan perdagangan AS-Cina pekan ini. Kekuatan indeks bursa didapat dari aksi bargain hunting pasar setelah perdagangan pekan lalu berada di posisi yang rendah.

Indeks Pan-European Stoxx 600 naik sekitar 0,9 persen selama transaksi dini hari, dengan semua sektor dan bursa utama di wilayah positif. Kini indeks DAX Jerman naik 1,07 persen, indeks CAC 40 Perancis alami penguatan 1,21 persen dan indeks FTSE 100 menguat 1,01 persen.

Indeks perbankan Eropa menjadi saham kuat yang memimpin kenaikan, naik lebih dari 1,3 persen tak lama setelah bel pembukaan. Itu terjadi setelah beberapa pemberi pinjaman terkenal rapuh di  Italia melaporkan Bank Sentral Eropa (ECB) telah menetapkan batas persyaratan modal baru. Banco BPM, Ubi Banca dan Unicredit semuanya diperdagangkan lebih dari 2 persen lebih tinggi.

Melihat saham yang kuat di bursa Jerman, saham Deutsche Post naik 2,5 persen  setelah sebuah laporan menyarankan Jerman dapat memberikan perusahaan jasa pos dengan kenaikan ongkos kirim surat yang lebih tinggi dari perkiraan pada musim panas.

Sementara itu laporan pergerakan saham di bursa Inggris, saham Smith & Nephew turun hampir 4 persen  setelah Financial Times melaporkan perusahaan yang terdaftar di London itu dalam pembicaraan untuk membeli NuVasive.

Fokus pasar sebagian besar mengarah  perkembangan perdagangan global, dengan delegasi pejabat AS akan melakukan perjalanan ke China untuk putaran negosiasi berikutnya minggu ini dimana akan berlangsung di Beijing.  Kedua belah pihak berusaha untuk mengamankan perjanjian perdagangan komprehensif sebelum tenggat waktu 1 Maret ketika tarif AS untuk impor Cina senilai $ 200 miliar dijadwalkan meningkat menjadi 25 persen dari 10 persen.

Sebagai informasi perdagangan akhir pekan lalu, bursa saham Eropa anjlok cukup parah  setelah laporan dari Wall Street Journal mengatakan AS-China tidak memiliki rancangan perjanjian yang menentukan di mana mereka setuju dan tidak setuju.  Indeks Pan Stoxx 600 Eropa turun 0,52%. Di antara pasar utama di Eropa, indeks DAX kehilangan 1,05%. FTSE 100 dan CAC 40 Perancis berakhir masing-masing lebih rendah sebesar 0,32% dan 0,48%.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here