Emas Terus Menunjukkan Kekuatan dan Ketangguhan Harga

184

(Vibiznews- Commodity) Di dalam koreksi terhadap kenaikan harga emas belakangan ini, harga emas tetap dapat naik dan bertahan di $130, suatu kenaikan yang luarbiasa, pemulihan harga emas dari koreksi yang kuat pada hari-hari perdagangan belakangan ini adalah suatu indikasi yang jelas dari ketangguhan harga emas sekarang ini dan permintaan untuk metal kuning berharga.

Rally harga emas dimulai pada pertengahan bulan November tahun lalu ketika emas dihargai sebesar $1,200, naik sampai pada akhir 31Januari ketika harga emas menyentuh $1,330. Pemulihan harga emas pada mingguini juga merupakan suatu indikasi yang jelas bahwa koreksi atas harga emas yang dimulai pada akhir dari bulan Januari bisa dengan cepat berakhir.

Sebagaimana yang dilaporkan oleh Anna Golubova di dalam Kitco News hari Jumat minggu lalu, Jasper Lawler, kepala riset di London Capital Group berkata,”Emas sedang berada di dalam tren naik yang bagus dan dan kelihatannya sudah selesai dengan apa yang kelihatannya koreksi alamiah secara “fair”. Satu-satunya kekurangan yang besar adalah bahwa dalam pergerakan harga emas keatas ini, pasar telah dalam kondisi “overbought”. Namun tren naik tetap utuh. Untuk waktu sekarang ini, fokus pasar kelihatannya ada di outlook pertumbuhan global.”

Yang lebih penting lagi, ini adalah indikasi bahwa sentimen pasar terus berfokus pada keprihatinan fundamental pada banyak level. Ada keprihatinan bahwa perang dagang sekarang antara Amerika Serikat dengan Cina tidak sedang berada pada resolusi yang lebih dekat dibandingkan dengan minggu-minggu lalu.

Selain itu juga ada keprihatinan utama mengenai segera tibanya “deadline” tanggal 15 Februari, dimana ada kemungkinan terjadinya penutupan pemerintah lagi jika Kongres gagal untuk meloloskan legislasi.

Banyak titik-titik panas terus memberikan bensin untuk dukungan bagi asset “safe-haven”, dengan krisis dan Venezuela dengan pasti berada di garis depan dari keprihatinan ini.

Semua keprihatinan ini, ditambah lagi dengan sikap Federal Reserve yang jauh menjadi lebih “dovish” dan banyak event-event yang sangat mendukung bagi harga emas.

Satu hal yang menarik dari pergerakan harga emas belakangan ini adalah kenyataan bahwa kenaikan harga emas berbarengan dengan menguatnya dolar AS. Selama tujuh hari perdagangan terakhir, sejak tanggal 31 Januari, kita telah melihat indeks dolar AS memperoleh keuntungan untuk setiap hari perdagangan berturut-turut. Pada waktu akhir Januari berada pada 94.88 dan sekarang berada pada 96.41. Dolar AS mengalami kenaikan 1.5%. Hal ini membuat kenaikan harga emas belakangan ini menjadi lebih impresif.

Pergerakan harga emas belakangan ini memberikan indikasi bukan hanya ketanguhan dan keinginan pasar untuk secara aktif memperoleh dan memperdagangkan asset “safe-haven”, namun lebih penting lagi adalah indikiasi nyata bahwa kita bisa melihat harga emas bergerak naik lagi.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here