Bursa Eropa Kembali Cetak Untung, Saham Otomotif Jadi Top Gainers

404

(Vibiznews – Index) – Perdagangan saham Eropa pada hari Selasa (12/02) kembali dibuka menguat dan  bergerak lebih tinggi karena investor terus memantau perkembangan perdagangan global dan geopolitik.

Indeks Pan-European Stoxx 600 naik 0,6 persen, dengan hampir setiap sektor di wilayah positif. Kini indeks DAX Jerman naik 1,06 persen, indeks CAC 40 Perancis alami penguatan 0,62 persen dan indeks FTSE 100 menguat 0,30 persen.

Saham otomotif memimpin kenaikan didukung oleh laporan pendapatan mereka. Saham Michelin adalah saham dengan kinerja terbaik di Eropa, naik lebih dari 7 persen, setelah memberikan proyeksi keuangan yang kuat untuk 2019.

Saham Randstad naik lebih dari 1 persen setelah melaporkan hasil kuartal keempatnya yang mengalahkan ekspektasi pasar. Perusahaan kepegawaian Belanda tersebut mengatakan pelambatan di beberapa pasar Eropa pada akhir tahun lalu tidak terbawa ke 2019.

Sementara itu, di sisi lainnya saham maskapai penerbangan Inggris Tui turun 7 persen setelah melaporkan kerugian yang melebar untuk kuartal pertama.

Secara keseluruhan, sentimen positif pasar dikaitkan dengan pembicaraan perdagangan antara Amerika Serikat dan Cina. Kedua negara terus membahas kemungkinan perjanjian perdagangan sebelum tenggat waktu yang ditentukan sendiri pada awal Maret.

Sentimen lainnya melihat kondisi poliytik di Amerika Serikat, dimana  para negosiator Kongres mengatakan mereka telah mencapai kesepakatan tentatif pada hari Senin yang akan menghindari penutupan pemerintah AS.

Di Eropa, Perdana Menteri Inggris Theresa May akan memperbarui pembuat undang-undang tentang perkembangan Brexit terbaru. Negosiator Brexit Uni Eropa Michel Barnier mengatakan pada hari Senin bahwa waktunya hampir habis untuk menemukan kompromi atas perbatasan Irlandia. Inggris tetap dijadwalkan meninggalkan Uni Eropa pada 29 Maret.

Sebagai informasi perdagangan sebelumnya,  bursa saham Eropa naik   di tengah harapan AS dan China bisa segera menyelesaikan sengketa perdagangan mereka. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 naik 0,9 persen. DAX Jerman menguat 1 persen, indeks CAC 40 Prancis naik 1,1 persen dan indeks FTSE 100  naik 0,8 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang