Harga Emas Turun Dengan Naiknya Minat Terhadap Resiko

267

(Vibiznews-Commodity) Harga emas dan perak turun secara moderat pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat hari Senin kemarin. Indeks dolar AS yang menyentuh ketinggian selama tujuhminggu semalam adalah suatu kekuatan “diluar pasar” yang “bearish” yang bekerja melawan pasar metal berharga pada saat memulai minggu perdagangan yang baru. Keuntungan di dalam pasar saham AS dan dunia pada hari Senin juga merupakan elemen “bearish” untuk metal “safe-haven”.

Emas berjangka bulan April terakhir turun $8.10 per ons pada $1,310.40. Perak Comex bulan Maret terakhir turun $0.089 pada $15.72 per ons.

Pasar dunia terus berada pada sentimen yang secara umum besemangat, dengan tidak adanya event geopolitik yang serius yang bisa menciptakan kecemasan. Namun, perlu diingat bahwa sejarah menunjukkan geopolitik yang kalem bisa dengan cepat dan tanpa terduga terinterupsi.

Fokus pasar pada awal dari minggu ini adalah pada pembicaraan perdagangan level tinggi antara Cina dengan AS yang berlangsung di Beijing. Sekretaris Treasury AS Mnuchin dan Representatif perdagangan AS  Lighthizer akan menghadiri pembicaraan tersebut. Banyak trader dan investor bersemangat bahwa suatu kesepakatan bisa tercapai pada “deadline” tanggal 1.

Dalam berita semalam, ekonomi Inggris bertumbuh sedikit 1.4% pada tahun 2018, dengan kelemahan kebanyakan disebabkan oleh karena kekuatiran mengenai Brexit. Ini adalah laporan ekonomi yang mengecewakan yang datang dari Eropa. pa

Resolusi yang berkelanjutan yang lolos dari Kongres beberapa minggu yang lalu “expire” pada hari Jumat dengan pemerintah AS bersiap untuk penutupan sebagian berikutnya di Demokrat dan Presiden Trump tidak bisa sampai kepada persetujuan mengenai rencana budget. Penutupan berikutnya menjadi faktor yang “bearish” bagi pasar saham AS.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga emas adalah menembus ketinggian bulan Januari di $1,331.10 setelah melewati $1,318.70 dan $1,323.60. Sebaliknya obyektif penurunan harga emas adalah menembus sampai melewati “support” yang solid di 1,300.00 setelah melewati $1,306.40.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here