Laporan OPEC dan Pengumuman Arab Saudi Angkat Harga Minyak Dunia

403

(Vibiznews – Commodity) – Harga minyak mentah berjangka di pasar komoditi internasional hari Selasa (12/02) melanjutkan pergerakan yang lebih tinggi dari perdagangan sebelumnya oleh laporan pemangkasan minyak OPEC dan pengumuman Menteri Minyak Arab Saudi.

Harga minyak mentah berjangka internasional jenis Brent naik $1,08  atau 1,76 persen, menjadi $62,61 per barel. Demikian juga harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS berada di $53,19 per barel  yang  naik 81 sen  atau 1,55 persen, dari penyelesaian terakhir mereka.

Harga minyak naik setelah laporan bulanan OPEC terbaru menunjukkan penurunan output sebesar 797.000 barel per hari menjadi 30,8 juta pada bulan Januari dari 31,6 juta barel per hari pada Desember. Demikian juga Arab Saudi, pengekspor minyak terkemuka dunia, memproduksi sekitar 10,2 juta barel per hari pada Januari atau telah turun 350.000 barel per hari dari Desember.

Menteri Energy Arab Saudi Khalid A. Al-Falih mengumumkan akan mengurangi produksi menjadi hampir 9,8 juta barel per hari di bulan Maret, lebih dari setengah juta barel per hari lebih dari yang dijanjikan sebelumnya.

Namun OPEC juga memangkas perkiraan permintaan minyak dunia 2019   karena perlambatan ekonomi dan ekspektasi pertumbuhan pasokan yang lebih cepat dari saingan, menggarisbawahi tantangannya untuk mencegah kelebihan pasokan.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here