EUR/USD Naik Ke 1.1345 Fokus Ke Risalah Pertemuan FOMC Fed

414

(Vibiznews-Forex) EUR/USD sekarang mengarah naik keatas. Pasangan matauang ini melompat keatas 1.1333 kemarin dan saat ini diperdagangkan disekitar 1.1345. Saat ini seluruh mata sedang memandang kepada risalah dari the Fed yang diskedulkan untuk dirilis pada 02:00 Kamis dinihari.

Analis dari Nomura memberikan suatu preview yang detil dari poin-poin kunci untuk diperhatikan pada rilis FOMC bulan Januari.

“Kami mengharapkan kejelasan yang lebih lagi mengenai rencana FOMC untuk normalisasi neraca dari risalah pertemuan FOMC bulan Januari. Risalah dari dua pertemuan yang lebih dahulu, pada bulan November dan Desember memasukkan bagian yang penting mengenai neraca. Kami percaya bagian yang bersangkutan dari pertemuan bulan Januari akan mengkonfirmasi rencana komite untuk mengakhiri normalisasi neraca pada akhir tahun 2019.

Komite telah jelas bahwa tingkat bunga ditahan untuk sementara ini. Isu kunci adalah seperangkat kondisi yang akan menggerakkan FOMC untuk menaikkan tingkat bunga. Di dalam konferensi pers setelah pertemuan Gubernur Fed Powell mengatakan bahwa bukti yang jelas dari tekanan naik atas inflasi adalah kondisi yang diperlulan untuk menaikkan tingkat bunga. “

Pergerakan EUR/USD yang menembus “resistance” ini telah membuka kenaikan kearah 1.14 dan level ini bisa dicapai pada sesi perdagangan Amerika Serikat, jika risalah dari the Fed yang diskedulkan untuk dirilis pada 02:00 Kamis dinihari, menunjukkan bertumbuhnya konsensus diantara para pembuat kebijakan bahwa neraca bisa digunakan sebagai alat, jika kondisi ekonomi menjamin. Risalah pertemuan  FOMC juga kemungkinan mengulang pendekatan “wait and see” atas tingkat bunga yang dikatakan oleh Gubernur Fed Powell pada bulan lalu. Namun, hal ini sudah diperhitungkan didalam penghitungan harga oleh pasar.

Kenaikan selanjutnya dari posisi saat ini akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di 1.1376 yang apabila tertembus akan berhadapan dengan  “resistance” selanjutnya di  1.1409 dan 1.1459. Sebaliknya apabila turun, akan bertemu dengan “support” terdekat di 1.1293 yang apabila tertembus akan berhadapan dengan “support” selanjutnya di 1.1243 dan 1.1210.

 

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here