Emas Tertekan Sedikit Oleh Pergerakan ECB Yang “Dovish”

214

(Vibiznews-Commodity) Harga emas turun sedkit pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat pada hari Kamis kemarin. Harga emas dan perak turun ke kerendahan Sembilan minggu semalam. Emas mencoba menghentikan pendarahan di metal berharga menyusul penurunan yang tajam baru-baru ini.

Emas bejangka bulan April terakhir naik $0.70 per ons pada $1,288.20. Perak Comex bulan Mei terakhir naik $0.02 pada $15.105 per ons.

Pada pertemuan kebijakan moneter regular European Central Bank (ECB) mengatakan bahwa mereka tidak akan mengubah tingkat bunga pada 2019, dan membuat pengumuman yang mengejutkan akan memberikan lebih banyak likuiditas ke bank untuk menstimulir lebih banyak pinjaman. ECB memang diperkirakan tidak mengubah tingkat bunga namun stimulus moneter yang baru datang lebih cepat daripada yang diperkirakan oleh banyak orang. Matauang Euro jatuh setelah berita ini keluar, sementara indeks dolar AS bergerak naik ke ketinggian hariannya. Indeks saham AS terdorong sedikit karena berita ini. Harga emas turun sedikit setelah pengumuman ECB.

Pasar saham Asia dan Eropa kebanyakan turun semalam. Indeks saham AS juga mengarah dekat stabil ketika sesi New York di mulai.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan emas adalah menembus batas “resistance” yang solid pada $1,300.00 setelah melewati $1,291.80 dan $1,298.10. Sedangkan apabila turun maka akan berhadapan dengan  “Support” yang solid di $1,260.00 setelah melewati 1,280.80 dan 1,275.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here