Bursa Eropa Tetap Melaju Sambil Memantau Perkembangan Brexit

315

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham kawasan Eropa  hari Kamis (14/03) dibuka lebih tinggi  karena para pelaku pasar Eropa sedang  memantau kesibukan terbaru dari laporan keuangan perusahaan dan  terhadap suara amandemen Brexit terbaru di Inggris.

Indeks Pan-European Stoxx 600 naik sekitar 0,4 persen selama transaksi dini hari, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah positif. Kini indeks DAX Jerman menguat 0,45 persen, indeks CAC 40 Perancis alami penguatan 0,74 persen dan indeks FTSE 100 naik 0,41 persen.

Saham minyak dan gas Eropa memimpin kenaikan tak lama setelah bel pembukaan, naik lebih dari 0,75 persen. Seperti saham OMV, Royal Dutch Shell dan Aker BP termasuk di antara yang berkinerja terbaik, naik lebih dari 1 persen.

Saham Grup Gea Jerman melonjak  setelah  melaporkan pendapatan setahun penuh naik hampir 5 persen pada 2018, mendorong saham melonjak hampir 9 persen. Namun di bursa Jerman saham Lufthansa jatuh ke bawah indeks dengan anjlok 6 persen setelah melaporkan  penurunan 11 persen dalam laba operasi kuartal keempat 2018.

Fokus pasar masih terus memantau perkembangan Brexit terbaru setelah semalam  anggota parlemen Inggris menolak gagasan meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan Brexit pada 29 Maret, menyiapkan pemungutan suara lagi pada hari Kamis tentang apakah tanggal keluar dari UE bisa diperpanjang.

Apa yang akan dibuat oleh UE tentang manuver terbaru Inggris tentang Brexit masih harus dilihat, sejauh ini blok tersebut telah menunjukkan kesabaran atas ketidak-jelasan Inggris  tentang jenis Brexit yang diinginkannya. Sebelumnya anggota parlemen memberikan suara pada awal minggu untuk menolak kesepakatan Brexit dari Perdana Menteri Theresa May.

Sebagai informasi perdagangan bursa Eropa hari Rabu naik karena investor terus mengawasi suara Brexit tanpa kesepakatan.Indeks Pan Eropa Stoxx 600 naik 0,6 persen. DAX Jerman naik 0,4 persen, indeks CAC 40 Prancis naik 0,7 persen dan FTSE 100 AS naik 0,1 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here