Bursa Eropa Akhir Pekan Bersiap Cetak Keuntungan Mingguan

769

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham kawasan Eropa akhir pekan hari Jumat (15/03) dibuka lebih tinggi  dan tetap di jalur rally untuk membukukan kenaikan mingguan terbaik dalam sebulan. Sentimen positif pasar datang dari pudarnya kekhawatiran terkait Brexit  dan optimisme untuk kesepakatan perdagangan AS-China.

Pelaku pasar saham Eropa mengabaikan komentar dari Presiden AS Donald Trump bahwa ia  tidak terburu-buru  untuk menyelesaikan kesepakatan perdagangan dengan China. Dan terkait Brexit, penundaan Brexit 3 bulan dari bulan Maret yang sudah disepakati sebelumnya memudarkan ketidakpastian akan Brexit. Selain itu PM Inggris Theresa May sedang bersiap sekali lagi untuk mencoba dan memenangkan persetujuan untuk kesepakatan Brexit yang ditolak dua kali.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 naik sedikit lebih tinggi  dengan bursa utama dan sebagian besar sektor di wilayah positif. Indeks DAX Jerman naik 0,3 persen, indeks CAC 40 Prancis naik 0,4 persen dan FTSE 100  naik 0,52 persen.

Berita saham yang menguat, saham Restaurant Group melonjak 8,4 persen di London setelah melaporkan  penurunan laba tahunan dan mengatakan pengambilalihan Wagamama yang kontroversial akan terbukti  transformatif. Saham Berkeley Group Holdings naik 1,6 persen, demikian juga saham pembuat mobil BMW dan Daimler naik sekitar setengah persen di Frankfurt setelah data industri menunjukkan penjualan mobil Februari tumbuh 2,7 persen di Jerman setelah berbulan-bulan terjadi penurunan.

Saham yang turun yaitu  saham Volkswagen yang turun hampir 1 persen setelah Komisi Sekuritas dan Bursa AS mengajukan gugatan untuk menuntut pembuat mobil dan mantan CEO atas skandal emisi diesel. Saham UBS juga turun sekitar 1 persen setelah bank mengatakan telah menyisihkan 450 juta euro ($ 516 juta) untuk mengajukan banding atas putusan pengadilan Prancis yang menjatuhkan denda 4,5 miliar euro pada perusahaan karena dugaan pencucian uang.

Sebagai informasi perdagangan bursa Eropa hari Kamis naik karena investor melacak perkembangan  Brexit. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 bertambah 0,8 persen dengan indeks DAX Jerman naik tipis 0,1 persen, sedangkan indeks CAC 40 Prancis naik 0,8 persen dan FTSE 100  naik 0,4 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting Group
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here