Berita Nasional Sepekan : Presiden Jokowi Resmikan Terowongan Nanjung Hingga Pelabuhan Sibolga

428

(Vibiznews- Economy & Business) Pada pekan lalu Presiden Joko Widodo melakukan berbagai peresmian proyek-proyek untuk pembangunan nasional bagi kesejahteraan rakyat.

Proyek Pembangunan Terowongan Nanjung

Pada hari Minggu (10/03), Presiden Joko Widodo meninjau proyek pembangunan terowongan Nanjung di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Pembangunan Terowongan Nanjung dimulai sejak 2017 dan merupakan bagian dari pembenahan Sungai Citarum secara masif dari hulu ke hilir dalam program Citarum Harum Pembangunan dua terowongan dengan panjang masing-masing 230 meter tersebut diharapkan dapat menanggulangi banjir di wilayah tersebut, utamanya di sekitaran daerah Dayeuhkolot, Baleendah, dan Bojongsoang. Diperkirakan bahwa satu terowongan akan dapat diselesaikan di akhir tahun 2019 ini.

 

Revitalisasi 600 Pasar Rakyat

Presiden Joko Widodo membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan Tahun 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, Banten,
Selasa (12/3), sekaligus meresmikan pembangunan atau revitalisasi 600 pasar rakyat pada tahun ini.

Presiden Jokowi memberikan penghargaan dan apresiasi kepada Kementerian Perdagangan yang sampai 2018 kemarin telah membangun kurang lebih 4.200 pasar di seluruh Tanah Air. Jumlah pasar tersebut akan semakin berlipat bila memasukkan pasar yang dibangun dengan menggunakan dana desa yang diberikan pemerintah pusat bagi seluruh desa di Indonesia. Tercatat, 8.900 pasar desa telah dibangun atau direvitalisasi sebagai pemanfaatan program dana desa.

Setidaknya jumlah pasar rakyat yang terbangun atau terevitalisasi pada tahun ini ditargetkan untuk meningkat hingga menjadi 5.200 pasar rakyat.

 

Peresmian Bandara Depati Amir Bangka Belitung

Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Depati Amir, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Kamis (14/3), yang dapat menampung hingga 1,5 juta penumpang per tahunnya.

Bangunan terminal baru tersebut berdiri di atas lahan seluas 12 ribu meter persegi dan melayani penerbangan domestik. Tapi karena pertumbuhan penumpang yang begitu pesat, terminal penumpang baru kembali dibangun di bagian sayap kanan bandara, sehingga dapat menampung hingga 3 juta penumpang per tahun yang diharapkan tahun 2020 selesai.

Peresmian Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Kelayang

Seiring dengan peresmian Bandara Depati Amir, Bangka Belitung, dimana dapat mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Adapun di wilayah tersebut ada KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Tanjung Gunung, KEK Tanjung Kelayang, dan akan dibuka lagi KEK lainnya. Dalam kesempatan itu, Presiden turut meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Kelayang. Sejak ada Tanjung Kelayang itu PAD (Pendapatan Asli Daerah) tambah naik 300 persen.

Peresmian Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara

Pada hari Rabu (13/3), Presiden Joko Widodo meresmikan Pasar Ikan Modern (PIM) Muara Baru, Jakarta Utara. Bangunan PIM Muara Baru seluas 2 hektare ini dibangun di atas lahan sekitar 4,15 hektare dengan anggaran sebesar Rp 150,69 miliar.

Awal ide pembangunan pasar ikan modern ini dimulai sekitar setengah tahun lalu, atau tepatnya Juli 2016, dimana Presiden Jokowi ingin agar dibangun pasar ikan seperti pasar ikan Tsukiji di Jepang.

Selain bersih dan nyaman, pasar ikan modern ini juga memiliki fasilitas yang lengkap, yakni 896 unit lapak untuk menjual ikan segar, 155 unit kios maritim, dan 8 unit food court. Selain itu terdapat juga 2 unit ice flake machine kapasitas 10 ton, area pemasaran retail, laboratorium, chilling roomk; kapasitas 30 ton, area bongkar muat, pengepakan, depot es dan garam, serta instalasi pengolahan air limbah (IPAL).

 

Peresmian Pengembangan Pelabuhan Sibolga 

Presiden Joko Widodo meresmikan penataan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga yang terletak di pantai barat Sumatra Utara pada Minggu (17/3). Dengan penataan dan pengembangan kembali kawasan pelabuhan itu, pelabuhan ini akan difungsikan kembali selayaknya ketika dahulu menjadi salah satu pusat perdagangan.

Setelah tiga tahun belakangan dibangun, Pelabuhan Sibolga kini telah memiliki fasilitas yang jauh lebih baik. Pelabuhan tersebut diperkirakan akan segera mengalami peningkatan aktivitas sekaligus mendorong perekonomian wilayah sekitar.

Kapasitas container yardnya sekarang mencapai 20.000 TEUs per tahun, meningkat sangat drastis. Ukuran kapalnya dulu hanya sampai 2.000 GT sekarang sudah bisa sampai 6.000 GT. Artinya kapal besar sudah bisa bersandar di sini. Terminal penumpangnya dulu hanya 80 orang sekarang bisa menampung 500 orang.

Seagai prestasi membanggakan, desain Pelabuhan Sibolga ini memperoleh penghargaan sebagai desain pelabuhan terbaik se-Asia Pasifik. Tahun lalu konsep bangunan Pelabuhan Sibolga menjadi desain terfavorit built integrated modelling se-Asia Pasifik.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting Group

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here