Preview Pertemuan FOMC Federal Reserve

340

(Vibiznews-Forex) Federal Reserve membuat pergerakan “dovish” yang signifikan pada bulan Januari, menjamin kesabaran di dalam menaikkan tingkat bunga dan juga membuka pintu untuk lebih awal mengakhiri program pengurangan neraca. The Fed diperkirakan akan tetap mempertahankan tingkat bunga tidak berubah sekarang dan terus menjamin kesabaran. Namun, kita tidak tahu apakah mereka masih mempertimbangkan kenaikan tingkat bunga nantinya pada tahun ini.

Proyeksi yang paling belakangan yang dikenal sebagai “dot-plot” adalah pada bulan Desember 2018. Pada waktu itu, mereka menurunkan perkiraan menjadi hanya dua kali kenaikan pada tahun 2019 dari sebelumnya tiga kali. Apakah sekarang mereka akan menurunkannya menjadi hanya satu kali? Atau memberikan signal tidak akan ada kenaikan samasekali? Setiap perubahan akan sangat krusial buat dolar AS. Selain itu, rincian tentang bagaimana the Fed berniat untuk mengakhiri program pengurangan neraca akan diperhatikan. Semakin cepat, semakin buruk pengaruhnya buat dolar AS, namun menurunkan perlambatan global.

Pernyataan FOMC bulan Desember tidak menyebut perubahan proyeksi. Gubernur Powell di dalam pernyataan tertulisnya sebelum konferensi pers dan sebagai respon terhadap berbagai pertanyaan, menyebutkan beberapa isu eksternal terhadap ekonomi AS termasuk, perselisihan perdagangan dengan Cina, pertumbuhan ekonomi global yang melambat dan keluarnya Inggris dari Uni Eropa sebagai alasan dari the Fed untuk mengurangi ekspektasi.

Pernyataan FOMC pada 30 Januari memasukkan outlook ekonomi yang baru. “Di tengah perkembangan perekonomian dan keuangan global dan tekanan inflasi yang tidak bergerak, Komite akan bersabar pada saat menentukan penyesuaian apa yang mau dilakukan terhadap rentang target dari tingkat bunga the Fed yang pantas untuk mendukung keadaan ini.” kata Powell di dalam konferensi persnya sekali lagi.

Ekspektasi yang lebih rendah terhadap ekonomi AS di dalam proyeksi the Fed bulan Desember, di dalam pernyataan FOMC bulan Januari, khususnya penggunaan perkataan “sabar” dan nada berhati-hati dari para pejabat Fed sejak pertemuan bulan Desember telah meyakinkan pasar bahwa the Fed sedang berhenti lama di dalam kampanye normalisasi tingkat bunga dalam tiga tahun.

Di dalam pertemuan FOMC tanggal 11 Desember 2019 kemungkinan tidak akan ada perubahan dari tingkat bunga the Fed adalah 71.8%.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here