GBP/USD Dalam Tekanan Mendekati 1.3100

286

(Vibiznews-Forex) Poundsterling berada di dalam tekanan dengan kebuntuan Brexit terus berlanjut. Dewan mengeluarkan ketetapan untuk mencegah Brexit yang tanpa kesepakatan. Pembicaraan May –Corbyn yang intensif terus berlangsung dengan tidak ada kemajuan.

GBP/USD diperdagangkan dengan kecenderungan yang sedikit positip untuk keempat kali berturut-turut pada hari Kamis, meskipun kenaikan nampaknya masih berjuang untuk dapat menembus diatas 1.3200. Poundsterling Inggris mendapatkan dukungan setelah Parlemen Inggris akhirnya mengeluarkan ketetapan darurat untuk mencegah Brexit yang tanpa kesepakatan dan memperpanjang tenggal waktu yang dengan cepat mendekat melewati tanggal 12 April. Ketetapan ini sekarang akan diperdebatkan dan diperkirakan akan berhasil lolos melalui “House of Lords” pada hari ini.

Namun, keberatan Uni Eropa untuk perpanjangan Artikel 50 jika Parlemen gagal menyetujui Persetujuan Penarikan pada tanggal 11 April  tetap menjadi tahanan terhadap setiap pergerakan yang kuat untuk menyelesaikan persoalan. Presiden Komisi Eropa, Jean Claude Juncker, di dalam pernyataannya kepada Parlemen Inggris pada hari Rabu, membuat jelas bahwa tanggal 12 April adalah tenggat waktu yang terakhir bagi “House of Common” untuk menyetujui kesepakatan dan tidak ada perpanjangn jangka pendek lebih lanjut yang mungkin diberikan apabila Parlemen tidak menyetujuinya pada tanggal itu.

Terlepas dari minat Uni Eropa yang kurang untuk perpanjangan jangka pendek, fakta bahwa pertemuan antara PM Inggris Theresa May dan pemimpin Buruh Jeremy, mengenai bagaimana menembus kebuntuan Brexit, yang tidak mencapai kesimpulan, membuat munculnya spekulasi akan perpanjangan  yang lebih lama, menambah ketidakpastian dan berkolaborasi menahan keuntungan. Jadi setiap pergerakan naik kemungkinan akan berlangsung sebentar saja.

Saat ini GBP/USD diperdagangkan disekitar 1.3119. Pergerakan naik lebih lanjut akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di 1.3200 yang apabila berhasil ditembus akan lanjut ke 1.3236 dan akhirnya 1.3276. Sedangkan penurunannya akan berhadapan dengan “support” tedekat di 1.3084 yang apabila tertembus akan bertemu dengan 1.3048 dan terakhir 1.3000.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here