Bursa Asia Akhir Pekan Sebagian Besar Naik Terdorong Harapan Perdagangan AS-China

1084

(Vibiznews – Index) Pasar Saham di Asia sebagian besar naik pada akhir pekan hari Jumat (05/04) terdorong harapan positif kesepakatan perdagangan AS-China.

Indeks Nikkei 225 di Jepang naik 0,38% menjadi ditutup pada 21.807,50, dengan saham perusahaan yang bergantung pada permintaan China mengalami kenaikan: Fanuc dan Hitachi Construction Machinery masing-masing naik 1,21% dan 1,15%. Indeks Topix juga menambahkan 0,35% menjadi berakhir pada 1.625,75.

Pergerakan di Tokyo terjadi setelah data menunjukkan bahwa pengeluaran rumah tangga Jepang naik kurang dari yang diperkirakan pada Februari, naik 1,7% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dibandingkan dengan estimasi median untuk kenaikan tahunan 2,1%, menurut laporan Reuters.

Di Korea Selatan, indeks Kospi naik 0,14% menjadi ditutup pada 2.209,61. Saham industri Samsung Electronics tergelincir 0,21% setelah perusahaan memperingatkan bahwa laba kuartal pertama kemungkinan turun hampir 60% dibandingkan dengan tahun lalu.

Indeks ASX 200 Australia turun 0,83% menjadi ditutup pada 6.181,30, dengan hampir semua sektor mengalami penurunan.

Pasar saham di China dan Hong Kong ditutup pada hari Jumat untuk liburan.

Wakil Perdana Menteri China Liu He mengatakan konsensus baru telah dicapai antara Beijing dan Washington mengenai perdagangan AS-China, media resmi pemerintah China Xinhua melaporkan pada hari Jumat. Liu memimpin satu delegasi ke Washington minggu ini untuk bertemu dengan para pejabat AS untuk putaran negosiasi tingkat tinggi lainnya ketika kedua pihak berusaha untuk mengakhiri konflik perdagangan yang berpotensi menghancurkan.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya bursa Asia akan melihat pergerakan bursa Wall Street, yang akan mencermati data pekerjaan AS dan hasil negosiasi kesepakatan dagang AS-China yang sedang berlangsung.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here