Preview Nonfarm Payrolls(NFP) AS: Pengaruhnya Terhadap USD, EUR & GBP.

649

(Vibiznews-Forex) Laporan yang paling penting dari AS yaitu Nonfarm Payrolls  akan segera muncul. Sekarang ini laporan ini paling ditunggu pasar karena selama beberapa tahun sektor “employment” yang sehat telah membuat data “employment” menjadi kurang relevan di dalam keputusan kebijakan moneter. Dengan pertumbuhan upah yang lebih banyak dihubungkan dengan tekanan inflasi membuat semakin berbobot di dalam keputusan trading.

Laporan pekerjaan AS untuk bulan Februari sangat mengecewakan secara umum: Posisi yang lemah di 20.000 ditambahkan pada  negara dengan ekonomi terbesar di dunia ini.  Namun, upah bertambah sebesar 0.4% m/m dan 3.4% y/y, angka yang impresif. Disatu sisi, kenaikan yang kecil di dalam posisi pekerjaan adalah mengkuatirkan. Namun, disisi yang lain adalah wajar melihat pertambahan yang lebih sedikit ketika ekonomi mendekati “full employment”.

Perkiraan pasar menunjukkan pertambahan pekerjaan baru sebanyak 180.000 pada bulan Maret. Tingkat pengangguran diperkirakan stabil di 3.8%, namun tingkat partisipasi diperkirakan menurun dari 63.2% menjadi 62.9%. %. Average Hourly Earnings pada bulan Maret diperkirakan sama dengan di bulan Februari.

Hasil yang keluar yang sama dengan angka perkiraan diatas kemungkinan akan cukup positip karena angka sebelumnya yang relatif baik, namun hampir tidak jadi alasan untuk langsung membeli USD.

Dengan upah masih naik, angka umum yang lebih buruk daripada yang diperkirakan untuk kedua kalinya bisa memberikan pengaruh yang negatif terhadap pasar, karena ini berarti memberikan konfirmasi pertumbuhan pekerjaan yang melambat untuk tahun ini.

Namun ada sedikit sinar harapan yang kecil: penurunan di bulan Februari bisa menjadi gema dari penghentian operasi pemerintah bulan Januari, dan angka baik pada bulan Maret akan membuat partisipan pasar melupakan hal ini dengan cepat.

Data pada hari Kamis menunjukkan bahwa untuk minggu terakhir bulan Maret, klaim pengangguran turun ke 202.000, terendah dalam hampir lima dekade.

PMI manufaktur Markit menunjukkan meskipun ada perbaikan yang moderat di dalam kondisi operasional, tingkat penciptaan pekerjaan di sektor manufaktur tetap solid. PMI jasa namun menunjukkan tingkat penciptaan pekerjaan yang terlemah sejak bulan Mei 2017.

Sebagai kesimpulan, kecuali ada angka yang buruk sekali seperti pada bulan Februari, atau ada kenaikan yang mengejutkan yang melewati 250.000, tidak akan ada pergerakan yang besar yang akan terjadi.

EUR merupakan matauang yang dalam kondisi lemah sehingga bahkan apabila muncul laporan “employment” AS yang buruk sekalipun, sedikit kemungkinannya meningkat secara solid. Namun laporan yang buruk bisa memicu aksi ambil untung dari rally USD sebelumnya, yang pada gilirannya membantu kenaikan pasangan matauang EUR/USD. Namun pergerakan naiknya akan singkat saja.

Bagi GBP/USD, boleh dibilang tidak akan bergerak kecuali karena drama Brexit.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here