Harga Emas Berbalik Naik Dengan Trader Membeli Dari Kerendahan

345

(Vibiznews-Commodity) Harga emas naik sedikit pada awal perdagangan sesi Amerika Serikat, karena aksi “short-covering” di pasar berjangka dan sebagian melakukan “bargain hunting” di pasar tunai. Metal juga didukung oleh indeks dolar AS yang melemah meskipun laporan pekerjaan AS yang bagus.

Emas berjangka bulanJuni terakhir naik $0.40 per ons pada $1,294.70. Perak Comex bulan Mei terakhir naik $0.061 pada $15.15 per ons.

Laporan “employment” dari Departemen Tenaga Kerja AS untuk bulan Maret menunjukkan Non-Farm Payrolls naik 196.000, yang adalah diatas daripada yang diperkirakan oleh pasar kenaikan sebesar 173.000, secara rata-rata. Laporan pekerjaan yang bagus cukup untuk membuat rally pasar saham AS ke ketinggian banyak bulan, namun tidak cukup kuat untuk mengubah pikiran dari para trader bahwa Federal Reserve akan melanjutkan untuk bersabar dalam hal kenaikan tingkat bunga AS. Indeks dolar AS mula-mula menguat karena laporan tersebut, tetapi kemudian bergerak ke level yang lebih rendah pada hari itu.

Indeks saham AS benar-benar mengalami rally ke ketinggian beberapa bulan baik di DOW maupun S&P 500, pada saat laporan pekerjaan keluar. “Bullish” di pasar emas dan perak yang “safe-haven” sepanjang minggu telah ditaklukkan oleh sikap investor dan trader yang optimis yang telah membuat rally kelas asset saham.

Indeks saham Asia dan Eropa bercampur kearah menguat semalam.  Para trader dan investor masih memiliki mental “risk-on” yang lebih tajam setelah berita bahwa Presiden Trump membuat pernyataan positip Kamis sore minggu lalu mengenai persetujuan perdagangan AS-CINA yang akan dicapai dalam empat kedepan.

Hal kunci lain diluar pasar adalah harga minyak mentah Nymex yang naik sedikit dan diperdagangkan disekitar $62.25 per barel.

Secara tehnikal, obyektif kenaikan harga berikutnya adalah menembus “resistance” di $1,330.80 setelah melewati $1,301.70 dan kemudian $1,305. Sebaliknya obyektif penurunan harga berikutnya adalah menembus “support” yang solid di $1,287.50 setelah melewati $1,284.90 dan kemudian $1,280.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here