Bank Mandiri Siap Selesaikan Due Diligence Akuisisi Bank Permata; Saham BNLI Melejit

652

(Vibiznews – Banking) – Di lingkungan industri pasar modal beberapa waktu belakangan ini cukup ramai dibicarakan rencana PT Bank Mandiri (Persero) Tbk untuk mengakuisisi PT Bank Permata Tbk yang masuk kategori bank umum kegiatan usaha (BUKU) III.

Proses sejauh ini sedang berlangsung. Dikabarkan juga bahwa due diligence rencana akuisisi ini akan diumumkan pada bulan April ini.

Kabar akuisisi ini muncul di permukaan sejalan dengan info Standard Chartered yang berencana melepas sahamnya di Bank Pemata. Untuk saat ini komposisi kepemilikan emiten BNLI ini adalah: Standard Chartered 44,56%, Astra Internasional 44,56%, dan publik 10,88%.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan kepada media perseroan sudah memulai negosiasi harga untuk akuisisi Bank Permata pekan ini. Sementara, saat ini bersama Bank Permata sudah masuk tahap due diligence.

Kepada media Selasa ini (9/4), Dirut Bank Mandiri mengatakan: “Kami mulai negosiasi minggu ini masih bisa fifty fifty. Kalau harganya cocok ya jalan, kalau tidak ya tidak apa apa. Kan negosiasi dalam jual beli itu bisa cocok, bisa nggak.”

Perihal harga yang kabarnya sudah disepakati, Tiko, demikian biasanya ia disapa, menjelaskan bahwa hal tersebut hanya rumor. Sejauh ini belum ada kesepakatan apapun. Di samping itu, belum ada ijin formal yang keluar dari pihak regulator, dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian BUMN.

Bagaimana rencana selanjutnya dari BMRI dengan akuisisi ini mungkin baru akan terekspos dalam waktu dekat mendatang. Pasalnya juga Bank Mandiri saat ini sudah memiliki dua anak usaha bank, yakni Bank Syariah Mandiri dan Bank Mandiri Taspen.

 

Analis Vibiz Research Center melihat dengan kemajuan proses pembicaraan akuisisi ini, dengan hasil due diligence yang segera diumumkan, saham Bank Permata hari ini (9/4) terpantau jadi melejit naik 10%, dari Rp900 menjadi Rp990. Ini membukukan juga gain mingguan saham BNLI ini sebesar 3,13%.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting Group

Editor: Asido

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here