Bursa Eropa Khawatir Dengan Ancaman Tarif Dagang AS

369

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham kawasan Eropa hari Selasa (09/04)  dibuka cenderung flat dalam bias yang positif karena tidak memiliki arah yang kuat pada perdagangan awal, karena pelaku pasar merespons ancaman tarif baru dari pemerintah Amerika Serikat.

Indeks Euro Stoxx 600 pan-Eropa sekitar 0,1 persen lebih tinggi di perdagangan pagi hari Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 menguat 0,1 persen dari sesi sebelumnya dengan penurunan 0,2 persen dengan sebagian besar sektor dan bursa flat. Indeks CAC 40 Prancis naik 0,25 persen dan FTSE 100  naik 0,26 persen, dan indeks DAX Jerman sedang naik 0,11 persen.

Pemikian ancaman tarif dari AS setelah Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer pada hari Senin mengusulkan daftar produk Uni Eropa untuk menaikkan tarif sebagai pembalasan atas subsidi pesawat Eropa, dengan Airbus turun 1,9 persen dalam kesepakatan awal.

AS sedang mempertimbangkan tarif sekitar $11 miliar produk UE mulai dari suku cadang pesawat hingga anggur. Langkah ini dilakukan ketika pemerintahan Presiden Donald Trump berusaha membalas terhadap subsidi UE untuk Airbus, yang menurut Organisasi Perdagangan Dunia memiliki  efek buruk  terhadap Amerika. Pengumuman itu muncul tak lama setelah putusan Organisasi Perdagangan Dunia mengatakan AS bersalah atas subsidi ilegal dalam produksi pesawat Boeing.

Saham-saham yang terdaftar di Eropa  seperti Rolls-Royce, Thales, Dassault Systemes, BAE dan Leonardo dipandang sebagai salah satu yang paling terkena ancaman dari AS ini sehingga saham perusahaan-perusahaan ini turun lebih rendah.

Saham pembuat minuman juga melanjutkan pelemahan seperti  Remy Cointreau, Pernod Ricard dan Davide Campari  menderita kerugian. Barang-barang lain dalam daftar AS meliputi beberapa keju yang diproduksi di Eropa, helikopter penumpang, serta beberapa jenis sepeda motor dan pakaian ski.

Berita dari Eropa, investor terus memantau KTT Brexit yang akan datang dimana Perdana Menteri Inggris Theresa May diperkirakan akan bertemu dengan para pemimpin Jerman dan Prancis di sesi berikutnya, dengan empat hari lagi sebelum ekonomi terbesar kelima di dunia itu akan meninggalkan Uni Eropa pada tanggal 12 April. Theresa May  akan berada di pertemuan darurat pada hari Rabu, ketika semua 28 negara Uni Eropa akan memilih apakah akan memberi Inggris perpanjangan Brexit tambahan.

Sebagai informasi perdagangan bursa Eropa hari Senin sebagian besar lebih rendah setelah kenaikan kuat selama seminggu. Indeks Pan European Stoxx 600 turun 0,2 persen dengan indeks  DAX Jerman turun 0,4 persen dan indeks CAC 40 Prancis turun 0,1 persen, sedangkan FTSE 100  naik 0,1 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here