Bursa Eropa Cetak Untung Menanti KTT Brexit Uni Eropa

459

(Vibiznews – Index) – Perdagangan bursa saham kawasan Eropa hari Rabu (10/04)  dibuka  menguat tipis karena investor menunggu hasil KTT Brexit Uni Eropa serta keputusan suku bunga terbaru Bank Sentral Eropa (ECB). Terpantau hampir semua bursa utama bergerak moderat.

Presiden Dewan Eropa Donald Tusk meminta UE untuk mempertimbangkan untuk menawarkan kepada Inggris penundaan  fleksibel  untuk Brexit hingga satu tahun, dengan opsi untuk keluar lebih awal jika kesepakatan disahkan. selain itu Bank Sentral Eropa kemungkinan akan mempertahankan status quo pada suku bunga dan panduan kebijakan selanjutnya.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 menguat 0,2 persen menjadi 386,44 setelah menyerah setengah persen pada hari sebelumnya. Indeks CAC 40 Prancis naik 0,42 persen dan FTSE 100  naik 0,08 persen, dan indeks DAX Jerman sedang naik 0,41 persen.

Saham Unibail-Rodamco-Westfield naik 1,7 persen setelah menandatangani perjanjian dengan konsorsium pembeli institusional untuk penjualan Tour Majunga di La Défense. Saham Royal Dutch Shell juga naik setengah persen, sehari setelah setuju dengan Sinopec untuk memeriksa palung Dongying di Shengli, Shandong.

Saham Tesco, sebagai perusahaan pengecer terbesar Inggris, naik 0,8 persen setelah melaporkan kenaikan laba operasional setahun penuh yang lebih baik dari perkiraan 34 persen. Saham Ted Baker naik 1,6 persen setelah perusahaan  ini telah menandatangani perjanjian dengan Shanghai LongShang Trading Company Ltd. untuk membuat Joint Venture di Daratan China, Hong Kong dan Makau yang bertujuan untuk memperluas merek Ted Baker.

Dalam laporan ekonomi dari kalender Inggris, PDB Inggris tumbuh 0,2 persen pada Februari, mengalahkan perkiraan karena kinerja manufaktur melonjak.

Sebagai informasi perdagangan bursa Eropa hari Selasa berakhir lebih rendah  setelah juru bicara Komisi Eropa mengecam  berlebihan ancaman AS dan berjanji untuk membalas terhadap setiap tarif baru yang akan dikenakan AS. Indeks Pan Eropa Stoxx 600 menyerah setengah persen dengan indeks DAX Jerman turun 0,9 persen, indeks CAC 40 Prancis turun 0,7 persen dan FTSE 100 AS menurun 0,4 persen.

 

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  
Editor: Asido Situmorang 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here