Bursa Eropa Bergerak Positif Merespon Penundaan Brexit

959

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak positif hari Kamis (11/04), setelah para pemimpin Uni Eropa sepakat untuk menunda Brexit hingga enam bulan.

Indeks Stoxx 600 Eropa datar selama transaksi tengah pagi waktu London, dengan sektor dan bursa utama menunjuk ke arah yang berlawanan.

Indeks FTSE Inggris bergerak datar. Indeks DAX Jerman naik 0,29 persen. Indeks CAC Perancis naik 0,85 persen.

Melihat saham individu, Sodexo melonjak ke puncak benchmark Eropa. Itu terjadi setelah perusahaan Perancis melaporkan pertumbuhan pendapatan semester pertama yang lebih kuat dari yang diperkirakan pada Kamis pagi. Saham perusahaan katering terbesar kedua di dunia naik 5%.

Sementara itu, merek mewah LVMH juga melonjak ke puncak indeks. Perusahaan membukukan penjualan kuartal pertama yang kuat pada Rabu malam, dengan pendapatan naik lebih dari 16%. Saham perusahaan yang terdaftar di Paris naik lebih dari 4% di tengah berita.

Sedangkan saham produsen Italia Prysmian anjlok lebih dari 7% Kamis pagi. Itu terjadi setelah Reuters melaporkan perusahaan akan meninjau pendapatan 2018 di tengah kesulitan teknis jangka panjang dan klaim kerusakan.

Fokus pasar sebagian besar selaras dengan perkembangan Brexit, setelah pembicaraan semalam antara para pemimpin Uni Eropa dan Perdana Menteri Inggris Theresa May memuncak dalam perpanjangan fleksibel kepergian Inggris dari blok sampai 31 Oktober.

Donald Tusk, presiden Dewan Eropa, mengatakan perkembangan ini memberikan waktu ekstra bagi Inggris untuk menemukan solusi terbaik.

Di tempat lain, bank-bank Eropa dan AS memperkuat kekhawatiran investor tentang perlambatan pertumbuhan ekonomi global dan proteksionisme perdagangan pada hari Rabu.

Bank Sentral Eropa (ECB) mempertahankan sikap kebijakan moneter longgar dan memperingatkan bahwa ancaman terhadap pertumbuhan ekonomi dunia tetap ada. Bank sentral telah menunda kenaikan suku bunga pascakrisis pertama dan Presiden Mario Draghi mengangkat prospek langkah-langkah kebijakan lebih lanjut yang mendukung jika perlambatan ekonomi zona Eropa berlanjut.

Sementara itu, risalah dari pertemuan terakhir para pembuat kebijakan di Federal Reserve menunjukkan bahwa mereka telah sepakat untuk bersabar tentang setiap perubahan kebijakan suku bunga.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi positif dengan adanya pemberikan keempatan enam bulan dari Uni Eropa kepada Inggris untuk menemukan solusi Brexit.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here