EUR/USD melanjutkan Keuntungannya Dengan Naik Ke Atas 1.1300 Karena Sentimen “Risk-On”

311

(Vibiznews-Forex) EUR/USD diperdagangkan sedikit diatas 1.1300, mencapai ketinggian dua minggu yang baru. Output industri zona euro turun 0.2% pada bulan Februari, lebih baik daripada yang diperkirakan. Harga impor AS muncul dengan angka yang bagus 0.6%. Sentimen Konsumen AS sedikit meleset dari yang diperkirakan dengan angka 96.9.  Angka yang diperkirakan sebesar 98.4 dimana ini adalah angka yang bagus.

EUR/USD diperdagangkan dibawah 1.1300, pada saat memulai perdagangan sesi Eropa hari Jumat minggu lalu. Sikap yang “dovish” dari ECB dan risalah pertemuan FOMC telah dicerna oleh pasar, demikian juga penundaan Brexit.

Pejabat-pejabat the Fed telah berbicara pada hari Kamis minggu lalu dan mengulangi pesan kesabaran mengenai pergerakan tingkat bunga selanjutnya. James Bullard dari Fed Saint Louis berjalan lebih jauh dan mengatakan bahwa proses normalisasi telah berakhir – tidak ada lagi kenaikan tingkat bunga. Namun, Bullard memang dikenal “dovish” sementara yang lain tidak membagikan pandangannya.

Menurut media AS, Herman Cain, calon Trump untuk the Fed, akan gagal setelah beberapa Republikan berkata mereka akan memberikan suara menentang Cain. Cain menganut sikap Trump mengenai pemotongan tingkat bunga.

Data AS Producer Price Index naik 0.6% MoM dan PPI inti naik 0.3%, kedua-duanya lebih baik daripada yang diperkirakan. Klaim pengangguran mingguan menyentuh kerendahan baru selama 50 tahun dengan angka 196.000. Data ekonomi AS yang bagus mendorong EUR/USD turun, namun pasangan matauang ini berangsur naik kembali.

Di dalam semuanya, secara fundamental, dolar menang terhadap euro namun secara tehnikal berbicara lain.

Apabila naik lagi, maka pasangan matauang ini akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di 1.1330 yang apabila tertembus akan bertemu dengan “resistance” selanjutnya di 1.1360 dan akhirnya di 1.1390. Apabila bergerak turun, maka akan berhadapan dengan “support” terdekat di 1.1250 yang apabila tertembus akan bertemu dengan “support” berikutnya di 1.1210 dan akhirnya di 1.1176.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here